Arsitektur

Saonek Mondei Island, Raja Ampat

Pulau Saonek Monde sebagai salah satu pulau yang ada di Raja Ampat memiliki potensi yang sangat unik dan dapat mewakili karakter dari ribuan pulau yang ada di Raja Ampat. Potensi yang dimiliki antara lain daerah pasir putih yang menghampar, daerah yang bertebing, berbukit dan tentu saja pemandangan alam yang sangat indah baik di darat dan di laut. Oleh sebab itu Pulau Saonek Monde sangat tepat dikembangkan sebagai daerah pariwisata sebagi tempat rekreasi dan informasi.
Mengacu pada faktor diatas pengembangan Pulau Saonek Monde sebagai objek wisata lebih mengandalkan potensi alam yang dimiliki dengan tetap mempertahankan keasliannya. Pengembangan jangka panjang objek wisata di Pulau Saonek Monde ini juga diarahkan sebagai pendorong pertumbuhan kegiatan pariwisata di Indonesia.
Untuk mewujudkan tujuan dari pengembangan pulau ini Pemerintah Daerah Raja Ampat sebagai pencetus ide, menginginkan pada Pulau Saonek Monde dibangun berbagai macam fasilitas diantaranya, Fasilitas sebagai tempat untuk memberi informasi, tempat rekreasi, restoran, cottage, villa, taman burung, taman kupu-kupu, fasilitas diving dan fasilitas servis lainnya serta tentu saja dermaga yang unik sebagai akses masuk ke dalam pulau sekalifus sebagai trade mark dari Pulau Saonek Mondei yang sangat menawan.
Terciptalah rancangan yang sangat dinamis tanpa meninggalkan kearifan lokal dengan konsep modern neo vernacular. Bentuk bentuk bangunan yang fungsional mengacu pada arsitektur lokal dan sangat dinamis mengikuti transis dari bentuk existing pulau sehingga sangat mendukung fungsinya sebagai tempat rekreasi.