Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Interior Ruang Terbuka Bergaya Urban Dalam Rumah

Interior Ruang Terbuka Bergaya Urban Dalam Rumah
Gaya terbuka kaum urban yang serba aktif, dinamis, simple, dan fungsional dapat menjadikan inspirasi bagi Anda dalam menata interior ruang mungil. Kesulitan terbesar bagi seseorang yang memiliki rumah mungil adalah bagaimana menata ruang-ruang yang ada dengan interior yang fungsional dan praktis. Pada umumnya saat kita akan mengindentifikasi ruang, kita akan mengolah kebutuhan kita kepada ruang. Misalnya untuk memenuhi kebutuhan makan maka kita akan membuat ruang makan, untuk tidur kita tentu perlu membuat kamar tidur, dan lain-lain. Tapi bagaimana jika rumah kita yang mungil tidak memungkinkan kita untuk memuat kebutuhan semua ruang? Atau mungkinlah jika beberapa ruang dijadikan satu dalam satu ruang yang aktif, terbuka, dan simple sesuai dengan kehidupan kaum urban saat ini?

Ruang Terbuka Bergaya Urban

Gaya hidup masyarakat perkotaan saat ini cenderung menjadi semakin dinamis. Pasangan muda yang sama-sama bekerja bisa menjadi inspirasi bagi kita untuk menata ruang menjadi fungsional dengan memuat beberapa fungsi ruang dalam satu ruang penataan. Beragam fungsi ruang akan digabung menjadi satu ruang yang serbaguna. Ruang serba guna ini akan memiliki tiga fungsi, yakni ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan.

Tata letak dalam ruang serba guna ini cukup mudah dan fleksibel. Semua terdiri dari elemen furniture bebas yang dapat dengan mudah dipindah-pindah. Jika suatu saat ada sebuah acara keluarga maka kita tinggal mengatur ruang dengan memindahkan furniture ke pinggir ruangan, dan tercipta satu ruang yang cukup besar di tengah.
Tak Perlu Ada Pembatas

Gaya urban yang terbuka dan dinamis mengilhami inspirasi dengan ruang terbuka yang multifungsi. Sehingga satu ruang dapat memiliki tiga fungsi sekaligus. Misalnya, Anda membagi sebuah ruang serba guna menjadi ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan.

Perbedaan prinsip antara ruang serba guna dan ruang satu fungsi adalah terletak pada pembatas ruang. Pada ruang serbaguna tidak ada pembatas secara fisik. Pembagian ruang begitu terbuka khas urban, sehingga beberapa aktivitas keluarga bisa berlangsung tanpa ada gangguan visual ataupun kesulitan dalam berkomunikasi.

Esensi sebenarnya terinspirasi dari gaya kaum urban yang serba cepat, dinamis, praktis, dan tak ada pembatas fisik. Semua bergabung dan bergerak secara simultan. Sebagai pembagi antar ruang Anda dapat menggunakan karpet. Karpet dapat ditempatkan di tengah ruang, misalnya karpet di bawah meja tamu ataupun ruang keluarga.
Hanya Satu Sudut Saja untuk Ruang Tamu

Dalam ruang yang besar maka ruang tamu dapat Anda letakkan di salah satu sudut. Sesuai dengan konsep ruang serba guna, maka elemen, dinding, lantai, dan langit-langit dapat dibuat khusus dan tetap menjadi bagian dari keseluruhan ruang. Ini dilakukan agar suatu saat ketika Anda membutuhkan ruang besar, maka Anda dapat dengan mudah mengurangi dan menambah elemen yang ada.

Gunakanlah elemen furniture yang umum, bukan elemen furniture yang melekat/ didesain khusus dan tidak dapat dengan mudah dipindah-pindahkan. Tambahkan karpet di ruang tamu sehingga mempertegas fungsi ruang tamu secara keseluruhan.

Area Ruang Makan

Seperti halnya ruang tamu, maka seluruh elemen furniture yang Anda pilih sebaiknya merupakan jenis-jenis umum yang ada di pasaran bukan yang melekat. Tujuannya agar mobilitas dan fleksibilitas fungsi dapat di wadahi sebuah ruang dengan cermat.

Furniture yang ada diruang makan terdiri dari satu meja makan bundar dan 4 buah kursi makan. Wujud furniture dan warna-warnanya sebaiknya Anda buat yang ringan-ringan saja. Selain agar mudah dipindah, bentuk semacam itu bertujuan agar ruangan tidak terkesan penuh.
Artikel Lainnya :