Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Keindahan dan Cara Membuat Desain Pintu Bambu

Keindahan dan Cara Membuat Desain Pintu Bambu
Sejak dulu bambu sudah sering digunakan untuk membuat beberapa komponen bangunan rumah. Bahkan ada rumah yang semua bagiannya memakai bambu sebagai bahan utama, kecuali jendela dan pintu. Dua element ini memang biasanya dibuat dari kayu. Rumah yang menerapkan desain dan gaya modern pun juga tetap memakai bahan yang diambil secara langsung dari alam ini.

Padahal jika mau mengolahnya, bambu juga dapat dibuat menjadi pintu maupun jendela dengan tampilan yang tidak kalah indah dan menarik. Keindahan dan daya tarik pintu bambu ini muncul dari bentuk dan seratnya yang sangat spesifik. Bagian ruas yang biasanya memunculkan masalah tersendiri justru bisa dijadikan sebagai nilai tambah kecantikannya.

Jangan pula berpikir bahwa pintu bambu hanya bisa diaplikasikan pada rumah yang arsitekturnya menggunakan gaya etnik atau tradisional saja. Rumah bergaya minimalis dan modern juga dapat memanfaatkan. Tampilannya tetap selaras dan sama sekali tidak mengurangi nilai karakter yang ingin diciptakan. Bukankah sekarang ini sudah ada desain rumah bambu gaya minimalis?. Jadi tidak ada salahnya mencoba untuk mengimplementasikannya pada tempat hunian sendiri.

Meski dibandingkan dengan kayu lebih sulit, namun membuat desain pintu bambu tetap bisa dilakukan sendiri. Sebagai contoh dan bahan referensi, berikut ini ada dua contoh gambar desain pintu bambu yang tampilannya cukup indah dan bisa menambah daya tarik pada gaya arsitektur bangunan baik secara eksterior maupun interior.

Yang pertama adalah daun pintu yang menonjolkan bentuk kotak bujur sangkar. Kusennya juga menggunakan bahan bambu yang dipotong kecil-kecil dan memanjang lalu direkatkan menjadi satu. Kemudian untuk daunnya terdiri dari kerangka yang dipasang pada bagian pinggir dan dua ada di tengah. Jadi jumlah kotak bujur sangkarnya ada tiga. Bujur sangkar ini tampilannya cukup menarik karena di bagian tengahnya terdapat kotak kecil dan disekelilingnya diberi susunan dari bambu yang dibuat dengan ukuran agak lebar.

Lalu desain yang kedua, bentuknya lebih sederhana tapi tetap indah dan mampu memunculkan kesan yang elegan serta mewah. Cocok diaplikasikan pada ruang atau bangunan rumah bergaya modern dan minimalis. Pembuatan kusennya menggunakan konsep sama dengan desain pertama. Sedangkan untuk daun, juga tidak begitu jauh berbeda tapi dibuat polos tidak menerapkan bentuk kotak lagi. Jadi papan dari bambu dipasang secara utuh dan kerangkanya hanya dipasang pada bagian pinggir saja.

Jika masih ada yang bingung tentang bagaimana cara membuat papan dari bambu, masalah ini pernah di situs ini. Buka saja alamat http://www.imagebali.net/detail-artikel/624-cara-membuat-lantai-bambu.php. Di situ ada artikel yang membahas tentang cara pembuatan lantai dari bahan bambu. Teknik ini bisa diaplikasikan untuk membuat papan bambu yang dipakai untuk membuat daun pintu.

Dari sini kita tinggal membuat modifikasi desain dan dikombinasi dengan susunan bambu yang bentuknya masih berupa potongan. Tapi sistem perekatannya tetap menggunakan cara dan teknik yang sama, yaitu dengan cara dipress. Jika sudah jadi bentuk susunan bambu ini akan tampak seperti kayu yang bisa dipotong dan dipakai sesuai dengan bentuk dan ukuran yang dibutuhkan. Dari sinilah bisa dibuat kreasi desain yang baru sesuai dengan selera dan keinginan.

Hal yang perlu diperhatikan ketika membuat desain pintu ini adalah tampilan ruasnya. Usahakan agar bisa ditempatkan pada lokasi yang tepat sehingga ruas tersebut dapat menambah keunikan dan keindahan tampilan. Demikian pula dengan tampilan seratnya, harus tetap diatur, tidak beda dengan ketika membuat kusen dan dau jendela dari kayu. Karena pengaruhnya bukan hanya pada hasil tampilannya saja, namun juga pada kekuatannya.

Sumber gambar : http://www.jsjqmy.com

 

Artikel Lainnya :