Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Arsitektur Rumah Batu Bata yang Mengagumkan

Arsitektur Rumah Batu Bata yang Mengagumkan


















Batu bata adalah material utama yang paling sering digunakan untuk membuat dinding. Setelah terpasang dinding batu bata ini lalu ditutup dengan adonan semen dan pasir sehingga batu bata tersebut tertutup dan dinding menjadi lebih rata dan rapi. Namun ada beberapa orang yang lebih suka dinding batu bata tersebut dibiarkan tetap terbuka tanpa ditutup dengan lapisan lagi. Hal ini biasanya dilakukan untuk memunculkan kesan yang lebih unik dan alami pada bangunan. Rumah yang seperti ini disebut dengan rumah batu bata.

Berikut ini ada lima arsitektur rumah batu bata yang mengagumkan berdasarkan penilaian dari Imagebali. Nomor satu adalah bangunan yang ada di daerah Indiana Amerika. Selain tampak rapi dan indah rumah ini juga punya gaya arstektur yang menawan, tidak kalah dengan rumah yang dindingnya ditutup dengan adonan semen dan pasir.

Bangunannya terdiri dari dua lantai dan antara sisi yang berada di sebelah kiri dan kanan punya tampilan yang sama. Bagian yang ada di tengah diberi menara yang desainnya sangat cantik. Kesan yang lebih segar dan cerah muncul dari jendela dan pintu yang diberi warna putih. Rumah ini juga punya halaman yang cukup luas dan diberi hamparan rumput hijau.

arsitektur rumah batu bata yang mengagumkan


















Arsitektur rumah batu yang kedua adalah bangunan kuno yang dibangun pada tahun 1891 dan terdiri dari dua lantai. Bagian depan lantai pertama terdapat teras yang pada bagian kanannya ditutup jendela kaca. Atap yang menjorok ini menggunakan atap datar. Sedangkan atap yang ada di lantai atas, terdiri menjadi tiga bagian dan punya tampilan yang sangat mengagumkan.

Jendela yang ada di tengah berbentuk lengkung dan diberi ornament garis yang warnanya putih. Sedangkan jendela yang lain menggunakan bentuk persegi panjang biasa. Kusennya menerapkan warna yang senada dengan dinding yaitu coklat.

arsitektur rumah batu bata yang mengagumkan


















Rumah batu lain yang juga punya gaya arsitektur mengagumkan juga merupakan bangunan kuno yang dibangun pada tahun 1890 dan saat ini menjadi museum militer. Dindingnya dibuat dari batu bata yang halus dan dipasang sangat rapi sehingga sambungan atau natnya hampir tidak bisa terlihat jika dipandang dari jarak yang jauh.

Penggunaaan kombinasi warna putih pada daun serta kusen jendela dan pintu menjadikan rumah ini terlihat sangat anggun dan mewah. Atap yang ada di atas menggunakan bentuk kerucut dan diberi warna terang. Hal yang sama juga dilakukan pada atap lain dan memakai bentuk segitiga dan limas.

arsitektur rumah batu bata yang menggumkan


















Rumah batu bata yang keempat juga bangunan lama dan menjadi museum. Letaknya ada di kota Manitoba Kanada. Rumah ini sebenarnya punya dari tiga lantai. Namun lantai pertama berukuran lebih pendek dari lantai kedua dan keempat. Dan pengunjung yang datang harus naik tangga dan langsung menuju lantai dua. Hal ini menjadikan lantai pertama tersebut tidak terlihat jelas.

Tapi rumah ini tetap punya nilai arsitektur yang mengagumkan. Dan seperti bangunan rumah batu bata yang lain, warna putih sering dipakai pada element jendela dan pintu. meski demikian ada hal lain yang membuat tampilan bangunan terlihat berbeda dan punya keistimewaan sendiri. Yaitu adanya hiasan profil yang membujur di lantai tiga. Hiasan profil ini punya ukuran tebal dan menjadikan desain rumah makin menarik.

arsitektur rumah batu bata yang mengagumkan


















Rumah batu bata yang terakhir merupakan rumah hunian yang dijadikan sebagai tempat tinggal biasa. Dinding depan terdiri dari beberapa bagian. Yang berada di sebelah kiri berbentuk kerucut dan dua dinding yang ada ditengah datar biasa. Dinding yang satu posisinya lebih menonjol ke depan dan dinding yang lain berada di belakang. Kemudian bagian keempat juga ada di depan dan punya ukuran lebih pendek. Yang terakhir makin pendek lagi dan ada di belakang.

Pintu utama ada di dinding kedua dan melengkung pada bagian atas. Untuk menjangkaunya penghuni atau pengunjung yang datang harus menaiki tangga. Selain itu masing-masing dinding ini diberi jendela yang ukurannya cukup besar. Jendela yang ada di tengah menggunakan konsep desain yang sama dengan pintu utama.

Sumber gambar :http://funcityfinder.com,http://www.westcentralneighborhood.org,http://activerain.com,http://www.samwallermuseum.ca,http://www.bear-stone.com

 

Artikel Lainnya :