Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Gedung Modern Paling Unik

Gedung Modern Paling Unik


















Seperti cabang seni yang lain, arsitektur juga tidak mengenal batas-batas kreasi untuk membuat desain bangunan dengan tampilan yang semenarik mungkin. Karena itu bukan merupakan hal yang aneh jika ada bangunan yang dibuat dengan gaya arsitektur dan desain yang sangat unik, bahkan bisa memunculkan suasana yang aneh atau lucu.

Imagebali telah memilih ada lima arsitektur gedung modern paling unik di dunia yang tersebar di beberapa negara. Gedung paling unik yang pertama adalah Hang Nga Villa yang ada di kota Dalat Vietnam. Ketika melihat waktu pertama kali, orang pasti tidak akan mengira jika apa yang disaksikannya tersebut adalah sebuah bangunan yang bisa dijadikan sebagai tempat tinggal.

Bangunan ini menyerupai batang pohon tua yang sudah ditebang bagian atasnya dan menyisakan bagian yang ada di bawah saja. Apalagi warna yang digunakan pada dinding bangunan tersebut juga menyerupai warna batang pohon liar yang sudah kering. Yang menandakan jika bangunan ini adalah sebuah tempat tinggal yaitu adanya jendela dan pintu dibeberapa bagian yang agak tersembunyi di sela-sela lekukan dinding. Dua element ini juga dibuat sesamar mungkin serta tidak begitu jelas terlihat dari luar.

gedung modern paling unik


















Bangunan unik nomor dua adalah Bubble House yang ada di negara Perancis. Meski tidak punya ukuran besar, tapi bangunan ini juga terlihat sangat unik karena punya bentuk yang menyerupai gelembung atau balon yang sering digunakan untuk mainan anak-anak. Agar terliaht mencolok, sebagian besar dindingnya diberi warna jingga atau oranye.

Untuk menambah kesan yang lucu, di beberapa bagian dinding atas diberi ornament yang berupa bulatan-bulatan warna hitam seperti makluk ruang angkasa. Namun sebenarnya bulatan hitam ini bukan hanya sekedar penghias saja, melainkan juga menjadi media yang berguna menyerap sinar matahari untuk menciptakan kesan yang lebih hangat pada ruang sekaligus untuk menciptakan sistem pencahayaan yang alami.

gedung modern paling unik


















Bangunan unik yang ketiga yaitu Shoe House yang ada di negara Afrika Selatan. Sesuai dengan namanya, bangunan ini menyerupai bentuk sepatu model boot, lengkap dengan tali temalinya yang panjang. Dinding depan yang menjadi ujung sepatu dibuat secara halus dan diberi lapisan aci warna putih.

Dinding belakang diberi lapisan batu coklat, kontras dengan dinding yang ada di depan. Pada bagian ini terdapat pintu warna kuning yang dilengkapi dengan atap kanopi kecil model segitiga. Pada bagian atas ditutup dengan segitiga atap lain dengan berukuran lebih besar. Lubang untuk meletakan tali berfungsi sebagai sirkulasi udara dan pencahayaan alami.

gedung modern paling unik


















Bangunan unik yang nomor empat yaitu Toilet Shaped House, berada di Suweon Korea Selatan. Dinamakan demikian karena ide desain arsitektur bangunan ini memang mengambil bentuk dari toilet yang sering digunakan orang untuk membuang air besar. Dan seperti toilet pada umumnya warna dominan yang digunakana adalah putih.

Bagian tengah pada atap terdapat lubang yang dijadikan sebagai media untuk membuat taman atap. Sementara itu dinding yang ada di muka diberi lapisan dari kaca mirror yang memunculkan kesan lebih modern dan mewah. Untuk menambah kesegaran, di sekeliling bangunan diberi tanaman rumput yang segar.

gedung modern paling unik


















Posisi terakhir atau nomor lima adalah The Upside Down House yang ada di Szymbark Polandia. Bangunan ini bukan saja unik namun juga sangat aneh. Semua element yang ada dibuat dengan posisi yang terbalik. Atap yang seharusnya ada di bagian paling atas, justru dijadikan sebagai pondasi atau dasar bangunan. Tidak cukup sampai di sini, pintu jendela dan semua bagian yang lain posisinya juga dipasang secara terbalik.

Sumber gambar:http://weburbanist.com,http://www.thisoldhouse.com,http://www.homeownernut.com,http://www.bestourism.com,http://www.ratestogo.com
Artikel Lainnya :