Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Hiasan Interior Untuk Ruang Modern, Kontemporer dan Tropis

Hiasan Interior Untuk Ruang Modern, Kontemporer dan Tropis
Untuk mendapatkan kesan yang selaras, penataan dan pemilihan hiasan interior juga harus bisa disesuaikan dengan konsep desain yang diterapkan pada ruang tersebut. Hiasan interior untuk ruang modern, kontemporer dan tropis tentu masing-masing punya spesifikasi sendiri-sendiri dan berbeda.

Untuk ruang yang menggunakan konsep desain modern atau minimalis, punya sifat yang mudah berkembang dan lebih sering mengalami perubahan trend dibanding dengan konsep desain ruang yang lain. Apalagi untuk rumah hunian yang berada di kota besar, perubahan tersebut bergerak lebih cepat.

Karena itu kita harus pintar memilih hiasan yang modelnya bisa bertahan lama agar tidak terlalu cepat memunculkan kesan yang ketinggalan mode. Sehingga biaya yang harus kita anggarkan menjadi lebih irit karena tidak selalu harus menggantinya meskpun trendnya sudah mengalami perubahan.

Misalnya saja untuk ruang keluarga yang biasanya menjadi pusat dari segala ruang yang ada di rumah. Bagian yang sering menjadi point utama dari ruang ini adalah kursi sofa. Ketika mau membuat atau membeli, pilihlah jenis sofa yang bagian penutupnya bisa diganti tanpa perlu memperbarui element yang lain. Sehingga ketika terjadi perubahan trend, kita tinggal mengganti kain penutupnya saja, tanpa perlu membeli kursi sofa yang baru.

Demikian pula dengan kursi yang ada di ruang lain. Jika bukan merupakan kursi sofa, usahakan selalu memilih yang bukan dari plastik atau bahan yang sejenis. Usahakan agar kita bisa memilih perabot yang terbuat dari logam atau kayu. Karena dua bahan ini bisa dirubah atau diganti warna catnya sesuai dengan trend yang sedang berkembang. Konsep yang sama bisa diaplikasikan pada perabot dan hiasan interior yang lain.

Kemudian untuk ruang yang menggunakan gaya kontemporer, biasanya lebih ditekankan pada model, paduan warna dan bahan yang dipakau sehingga bisa menghasilkan kesan yang indah dan harmonis. Karena itu untuk pemilihan perabot pengisi ruangnya harus memperhatikan warna pada dinding dan lantai.

Selain itu konsep kontemporer juga punya ciri-ciri khusus yang tidak dipunyai oleh konsep desain yang lain. Misalnya saja jika mau menggunakan perabot yang diberi ornament ukiran, sebaiknya memilih jenis ukiran yang tidak terlalu rumit serta punya bentuk yang lebih sederhana.

Ruang yang menggunakan gaya tropis, hal utama yang harus diperhatikan adalah penataan ruang dan pemilihan perabot harus mampu menimbulkan kesan yang hangat namun tidak terlalu panas. Warna yang lebih cocok diaplikasikan adalah warna-warna alam yang bisa menghasilkan kesan dingin dan sejuk.

Hiasan pengisi ruang juga lebih sering mengambil dari alam tropis secara langsung. Misalnya hiasan bunga yang diletakan dalam pot atau vas lalu ditaruh di atas meja maupun pojok ruang. Jika hiasan bunga asli dirasa terlalu mahal, bisa menggunakan bunga imitasi yang saat ini banyak dijual di toko-toko hiasan interior.

Jenis bunga yang paling bagus untuk hiasan ruang gaya tropis misalnya bunga anggrek, bunga kembang sepatu dan sebagainya.Agar karakter yang muncul bisa semakin kuat di bagian dinding juga bisa diberi hiasan lain yaitu gambar atau lukisan alam yang menggambarkan kehidupan alam tropis.

Jika ruang yang ada terlalu kecil, hiasan lukisan ini mungkin bisa membuat ruang menjadi makin terasa padat. Untuk menyiasatinya kita tidak perlu memasang hiasan dinding namun diganti dengan wallpaper yang punya motif alami. Jadi nuansa tropis tetap bisa muncul.

Sedangkan perabot yang digunakan, bisa memilih jenis yang bahannya juga hanya bisa di dapat di alam tropis saja. Misalnya kursi berbahan rotan atau kayu jati.

Sumber gambar : http://kolomrumah.com

 

Artikel Lainnya :