Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Tips Hemat Membuat Lampu Gantung

Tips Hemat Membuat Lampu Gantung
Selain untuk menciptakan konsep dan tata pencahayaan yang sempurna, lampu terutama yang dipasang di dalam ruang juga punya fungsi yang lain. Salah satunya adalah untuk menciptakan keindahan dalam ruang tersebut. Maka media yang digunakan untuk memasang lampu ini juga dipilih dengan tampilan yang menarik. Bentuk media yang paling populer dan umum digunakan adalah hiasan lampu gantung.

Selain mampu menjadikan tampilan terlihat indah, lampu gantung juga bisa menjadikan suasana ruang terasa lebih anggun dan berwibawa. Namun sayangnya, anggaran yang harus dikeluarkan untuk membeli barang ini terbilang cukup tinggi. Harga yang mahal ini tentu bisa menjadi suatu masalah tersendiri bagi mereka yang hanya punya persediaan dana terbatas.

Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara membuat lampu gantung sendiri. Namun jika membuat lampu gantung sendiri juga dirasa kurang praktis karena membutuhkan waktu yang lebih lama, ada cara lain lagi yang jauh lebih praktis dan bisa diaplikasikan dengan cara yang sangat mudah dan hemat baik dari sisi biaya atau waktu yang harus disediakan untuk melakukan proses pengerjaan.

Salah satu contohnya bisa dilihat dalam gambar. Beberapa lampu dipasang atau digantungkan menggunakan kabel yang lebih panjang namun tidak menggunakan ukuran yang sama. Lampu-lampu ini dibuat disatukan secara bergerombol dan membentuk untaian ke bawah dan punya tampilan yang sangat unik dan menarik.

Hal utama yang perlu diperhatikan ketika menyusun lampu dengan konsep seperti ini adalah, kita harus bisa menyerasikan antara lampu yang menggunakan kabel lebih panjang serta lampu yang menggunakan kabel dengan ukuran yang lebih pendek. Karena susunan ini tidak berurutan, tapi dibuat secara acak.

Jika ingin tampilan yang lebih maksimal, susunan lampu ini bisa diberi tambahan hiasan lain berupa tali rantai yang warnanya selaras dengan warna kabel atau sinar lampu yang muncul. Tali rantai ini juga bisa diganti dengan tali pita. Agar tidak melayang jika terkena hembusan angin, bagian bawah dari tali pita ini bisa diberi hiasan lain berupa pernak-pernik kecil yang diikatkan pada tali pita tersebut.

Tips hemat membuat lampu gantung dengan konsep penataan lain juga bisa kita diaplikasikan dengan mudah. Kabel yang digunakan untuk menyusun dan memasang lampu bisa dibentangkan pada bagian bawah plafon menggunakan klip atau paku khusus untuk memasang kabel yang bisa didapat di toko-toko peralatan elektronik.
Buatlah beberapa bentangan yang ditata sedemikian rupa sehingga membentuk suatu lingkaran bundar seperti lampu gantung yang sesungguhnya. Jika lampu yang digunakan punya jumlah yang lebih banyak, hasilnya juga akan lebih indah.

Susunan lampu ini bisa dibagi menjadi dua. Bagian yang pertama menggunakan ukuran yang lebih panjang, sementara bagian yang lain punya ukuran yang lebih pendek secara selang-seling. Penggunaan konsep seperti ini sangat cocok diaplikasikan pada suatu ruang yang punya ukuran lebih lebar dan besar. Sedangkan untuk ruang yang ukurannya lebih kecil namun tinggi, lebih bagus jika menggunakan konsep yang pertama tadi.

Kemudian untuk ruang yang bentuknya panjang atau persegi, konsep penataannya juga tidak sulit dilakukan bahkan lebih mudah. Caranya tinggal membuat susunan lampu yang berjajar dari bagian kiri sampai pada bagian yang kanan.

Susunan lampu ini bisa dibuat dengan berbagai tampilan. Yang pertama dibuat dengan ukuran kabel yang sama, kemudian yang kedua bisa dibuat secara bergantikan antara kabel yang pendek dan kabel yang panjang. Lalu yang ketiga, kabel yang ada di bagian paling kanan punya ukuran yang paling panjang, kemudian ukuran ini semakin berkurang hingga pada bagian yang paling kiri punya ukuran paling pendek.

Jika mau kreatif lagi, kita bisa menciptakan ide-ide atau konsep penataan lain dengan tampilan yang tidak kalah menarik. Selamat mencoba dan berkreasi.

Sumber gambar : http://www.shelterness.com

 

Artikel Lainnya :