Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Gazebo Bali yang Molek di Tepi Kolam

Gazebo Bali yang Molek di Tepi Kolam
Selain untuk mempercantik tampilan taman, bangunan gazebo juga bisa dipakai sebagai element untuk menjadikan tampilan kolam agar tampak lebih indah dan anggun tanpa melupakan fungsi utamanya sebagai tempat untuk bersantai. Gazebo ini bisa diletakan di tepi atau pinggir kolam. Desainnya bisa menyesuaikan dengan desain kolam maupun landscape yang berada di tempat tersebut.

Contoh desain gazebo Bali yang molek di tepi kolam ada di komplek rumah villa bernama Canggu Villa Oasis & Spa di daerah Canggu yang lokasinya berada hanya beberapa kolometer saja dari pantai Seminyak dan Kuta yang sangat terkenal itu. Keindahan desain gazebo tersebut mampu menjadikan bangunan ini tampil sebagai daya tarik utama atau point of interest bagi penataan landscape di tempat ini.

Gazebo ini terletak di pinggir lantai kolam namun tidak menyatu karena menggunakan lokasi yang berada di sebelahnya. Sehingga pondasi yang dibuat berada di bagian luar pada lahan yang posisinya berada di bawah lantai. Dengan cara seperti ini justru menjadikan proses pembuatan pondasi untuk gazebo lebih mudah dilakukan. Selain itu tampilan lantai tetap terlihat utuh.

Lantai yang berada di tepi kolam tersebut menggunakan lantai kayu warna coklat tua. Kayu yang digunakan bentuknya panjang dan disusun secara melintang dan menjadikan tampilannya terlihat lebih lebar dari ukuran yang sebenarnya. Kayu yang digunakan untuk membuat lantai ini tentu merupakan kayu yang kualitasnya baik karena dipilih dari jenis yang tahan air.

Bangunan gazebonya juga tidak berbentuk kotak seperti gazebo pada umumnya namun punya ukuran yang agak panjang. Tiang penyangga yang jumlahnya ada empat diletakan di setiap pojok ruang, menggunakan bahan dari kayu warna coklat gelap.
Sedang atapnya menggunakan rumput ilalang dan menggunakan bentuk limas segi empat. Atap ini dilengkapi dengan susunan kayu atau bambu yang kecil nampun panjang untuk melindungi atau menjaga agar atap rumput tidak jatuh dan mudah rusak jika terkena hembusan angin yang cukup keras maupun curahan air hujan yang deras.

Selanjutnya ruang gazebo diberi pelindung berupa kain korden warna putih dengan tampilan yang anggun dan mewah. Di setiap sisi, kain korden yang digunakan ada dua dan membentuk belahan pada bagian tengah.
Kursi yang digunakan untuk duduk menggunakan kursi sofa yang desainnya membentuk huruf ‘L’, menghadap langsung kearah kolam. Warnanya putih, sama dengan warna untuk kain korden. Hal yang sama juga terjadi pada bantal duduk yang diletakan di sepanjang kursi tersebut.

Di sebelah kiri dan kanan gazebo, terdapat beberapa kursi dipan untuk bersantai dan dilengkapi dengan payung tenda yang semua elementnya semua juga menggunakan warna dominan putih, kecuali kerangka dipan dan tiang untuk memasang payung yang menggunakan warna coklat.

Selain kerangka dipan dan tiang payung, warna coklat juga digunakan pada meja yang diletakan diantara susunan kursi dipan. Di atasnya terdapat hiasan kecil yang warnanya juga putih. Paduan dua warna ini menjadikan tampilan sekitar kolam terlihat lebih terang dan mewah namun tetap alami dan natural.

Sedangkan aneka pohon atau tanaman yang ada di belakang gazebo, menjadikan tampilan landscape di sekitar kolam terlihat sejuk dan segar. Apalagi tanaman tersebut punya ukuran yang besar dan berdaun rimbun. Pohon kelapa yang sudah mati dan kering dibiarkan tetap berada di tempat itu dengan maksud untuk menciptakan suasana seperti di hutan yang masih liar dan asli.

Sumber gambar : http://www.baliholidayaccommodation.com




Artikel Lainnya :