Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Memadukan Nuansa Modern dan Etnik Bali Pada Ruang

Memadukan Nuansa Modern dan Etnik Bali Pada Ruang Ruang tamu yang berada di sebuah bangunan villa di daerah Bali ini punya tampilan yang agak berbeda karena bentuknya memanjang ke depan. Dan yang tidak kalah unik, desainer atau ahli interior yang menciptakan ruang ini berhasil memadukan nuansa modern dan etnik Bali pada ruang ini dengan pandangan yang sangat indah dan istimewa.

Pada bagian depan, terhampar ubin lantai yang menggunakan warna krem mengkilat, menghasilkan kesan yang sangat modern dan mewah. Agak kepinggir, lantai ini diberi ornament garis warna abu-abu kehitaman. Penggunaan ornament ini menjadikan lantai tersebut tidak terlihat kosong, karena tidak ada perabot atau hiasan lain yang ada di tempat itu. Di tempat itu hanya ada kursi dan meja yang diletakan di bagian pinggir.

Setelah melewati garis warna abu-abu, barulah terdapat hiasan berupa dua patung dari kayu yang diukir dengan halus dan diletakan di sebelah kiri dan kanan. Hiasan patung ini berwujud wanita telanjang yang sedang duduk sambil menyandarkan kepalanya pada tangan yang ditaruh di atas lutut kaki.

Tampilan patung ini terlihat makin menarik karena pada bagian telinganya diberi bunga kamboja asli warna putih. Bunga ini juga sering dipakai oleh wanita Bali ketika sedang melakukan do’a atau upacara adat. Dan bukan hanya wanita, para pria juga menggunakan bunga ini dengan tujuan yang sama.

Di belakang patung terdapat element utama dari ruang tamu, yaitu seperangkat kursi dan meja yang kerangkanya dibuat dari bahan kayu warna coklat. Sedangkan tempat duduk dan sandaran punggung, menggunakan bahan busa yang ditutup dengan kain dengan motof kotak-kotak warna hitam dan putih. Motif kotak-kotak hitam putih ini punya arti yang sangat istimewa bagi masyarakat Bali, karena di dalamnya terkandung arti khusus yang berhubungan dengan adat dan kepercayaan serta kehidupan religi masyarakat di sana.

Selanjutnya di atas meja yang seluruh elementnya menggunakan bahan kayu, terdapat hiasan vas warna putih yang dilengkapi dengan hiasan bunga warna merah dan hijau. Di sebelah kanan ada rak lemari kecil yang di atasnya ditaruh bola dunia atau globe. Meski ukurannya tidak begitu besar, namun  hiasan ini menimbulkan nuansa yang agak aneh tapi tetap unik karena element ini jarang digunakan untuk menghias ruang tamu.

Kesan yang lebih modern kembali hadir dari penggunaan kain korden yang berada di belakang kursi tamu. Ukurannya tinggi dan menyentuh langsung pada bagian plafon. Penggunaan element ini menjadikan tampilan ruang terlihat megah dan berwibawa. Apalagi korden ini juga melekat pada dua tiang penyangga yang berada di sebelah kiri dan kanan kursi panjang.

Di belakang kain korden, terdapat hiasan dinding yang menjadi point of interest atau daya tarik utama pada bagian belakang dari ruang tamu ini. Hiasan yang bentuknya kotak bujur sangkar ini berupa gambar lingkaran yang merupakan penggambaran nilai-nilai kehidupan masyarakat tradisional Bali yang kebanyakan memeluk agama Hindu dan Budha.

Pada bagian paling atas yaitu plafon, ditutup dengan susunan kayu yang panjang, menjadikan tampilan ruang juga terlihat makin memanjang. Dan yang cukup menarik adalah, pada bagian tengah, persisnya di atas dua patung wanita terdapat kaca mirror yang ukurannya cukup besar menutup sebagian plafon kayu tersebut.

Meski tidak biasa digunakan, namun keberadaan kaca mirror ini mampu menciptakan kesan yang makin modern dan mewah serta elegan. Dan tentu saja, nuansa etnik Bali yang tercipta juga tidak berkurang, namun justru makin menambah kecantikan ruang tersebut.

Sumber gambar : http://homeandfurnituregallery.com
Artikel Lainnya :