Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Harmonisasi Gazebo dan Rumah Bali

Harmonisasi Gazebo dan Rumah Bali
Meski bukan merupakan bangunan utama, namun gazebo dan rumah Bali yang ukurannya kecil ini mampu menghadirkan kesan harmonisasi yang kuat. Harmonisasi gazebo dan rumah Bali tersebut hadir dari warna dominan pada dua bangunan tersebut yaitu coklat tua alami.

Untuk bangunan gazebo, posisinya berada di bagian depan sebelah kanan dan menghadap kearah samping. Lahan yang digunakan untuk membuatnya berada pada posisi yang lebih tinggi dari bangunan rumah. Yang cukup menarik dari bangunan ini adalah pondasi yang dibuat menyerupai pondasi untuk bangunan rumah. Padahal biasanya gazebo hanya menggunakan pondasi yang tidak begitu besar dan kuat. Karena ukuran bangunannya juga tidak begitu besar dan tinggi.

Pondasi tersebut punya tampilan karakter yang sangat kuat. Lantainya berada pada posisi yang lebih tinggi dari permukaan tanah. Sedangkan akses untuk masuk atau naik ke dalam gazebo tersebut, berupa tangga dari cor beton yang dinding pondasinya juga menyatu dengan pondasi. Dinding tangga tersebut membentuk bidang segitiga yang lancip ke bawah.

Karakter kuat dan kokoh pada pondasi ini terlihat sangat nyata terutama sekali pada lapisan yang penutup. Bahan yang digunakan adalah susunan batu alam yang diberi warna putih. Penggunaan element ini mengingatkan pada kita pada bangunan rumah kuno atau antik yang biasanya juga menggunakan pondasi yang dilapisi dengan batu alam. Jadi nuansa masa lalu yang sangat kental juga hadir di tempat ini.

Sedangkan tiang penyangganya, menggunakan batang kayu bundar yang dipasang di setiap sudut bangunan. Ukurannya cukup besar, sehingga lebih kuat menahan beban. Sedangkan atapnya, menggunakan genting dari tanah liat. Penggunaan genting ini tentu memberi nuansa yang agak berbeda, karena gazebo di Bali biasanya menggunakan atap dari rumput ilalang.

Bagian puncak atau atas atap yang berbentuk limas ini diberi ornament atau hiasan dari tanah liat yang bentuknya seperti mahkota raja. Di setiap sudut atau pojok bagian bawah, juga diberi ornament dengan tampilan yang tidak kalah menariknya. Kesan kuno namun tetap artistik juga terlihat dari penutup bangunan ini.
Karena digunakan untuk duduk dan bersantai sambil menikmati pemandangan alam dan udara segar, ruang gazebo ini dilengkapi dengan bantal duduk yang menggunakan paduan warna merah muda dan putih. Suasana yang agak terang dan cerah hadir dari element pelengkap ini.

Sementara itu, bangunan rumah yang berada di bagian belakang sebelah kanan, menggunakan konsep rumah panggung namun dengan tampilan yang agak berbeda. Tiang penyangga bangunan ditutup dengan dinding kayu, sehingga tampilannya seperti bangunan berlantai dua. Namun bagian bawah punya ukuran luas yang lebih sempit. Selain menjadikan tampilan rumah menjadi lebih menarik, penggunaan dinding kayu ini juga membuat konstruksi bangunan menjadi lebih kokoh dan kuat.  

Tangga yang merupakan akses untuk masuk ke dalam rumah, diletakan di bagian depan dan mengarah secara langsung pada pintu yang berada di tengah. Posisi pintu ini sejajar dengan pintu lain yang berada di belakang, sehingga dari tempat ini pemandangan yang berda di belakang bangunan bisa terlihat dengan jelas.

Antara atap dan dinding dibuat menyatu, menjadikan tampilan rumah ini seperti dua garis yang membentuk bidang segitiga, dimana sisi bawahnya merupakan  garis dari lantai. Namun dua garis tersebut punya tampilan yang agak melengkung, menjadikan bentuk bangunan punya nilai seni yang tinggi.

Selanjutnya untuk melengkapi keindahan dua bangunan ini, di samping depan gazebo dibuat kolam renang yang permukaan airnya sejajar dengan permukaan tanah yang digunakan untuk membuat bangunan tersebut.

Sumber gambar : http://homeandfurnituregallery.com






Artikel Lainnya :