Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Penggunaan Atap Lengkung pada Bangunan Rumah

Penggunaan Atap Lengkung pada Bangunan Rumah
Atap lengkung seakan menjadi point of view atau fokus pandangan utama pada bangunan rumah dengan desain yang sangat indah dan menarik ini. Selain punya punya ukuran yang lebih tinggi, bangunan yang berada di bawahnya juga terlihat lebih besar dan megah.

Pada bagian depan, terdapat teras atau veranda yang luas dan bersifat lebih terbuka karena tidak menggunakan pagar atau dinding samping. Pada sisi sebelah kiri terdapat beberapa pilar atau tiang penyangga atap dari besi baja dan diberi warna coklat gelap. Pilar yang lain terletak disebelah kanan namun berada di atas dinding bangunan, sehingga ukurannya menjadi lebih pendek.

Di depan teras terdapat dinding yang merupakan bagian muka dari bangunan rumah yang terdiri dari dua lantai. Dinding kaca diaplikasikan pada lantai bawah atau yang pertama. Tampilannya terlihat sangat mewah dan modern serta elegan.

Masing-masing bagian dari dinding kaca ini dipisahkan oleh kusen yang terbuat dari kayu dan diberi warna coklat terang. Suasana yang lebih terang, hangat dan akrab tercipta dari ruang yang berada di bagian dalam dinding ini.
Namun yang lebih istimewa adalah tampilan dinding yang berada di lantai atas. Di tempat itu terdapat dua dinding kaca bening dengan ukuran yang cukup besar dan terletak di bagian tengah. Kusennya terbuat dari kayu dan menggunakan warna coklat tua.

Sedangkan bagian dinding yang lain berupa tembok biasa yang diberi lapisan cat warna hitam. Paduan dinding kaca bening transparan dan tembok hitam ini terlihat sangat spektakuler dan fantastis. Kesan gelap dari tembok warna hitam sama sekali tidak muncul. Yang ada justru nuansa eksotis dan dramatis.

Selanjutnya atap yang menjadi point of view punya tampilan yang tidak kalah spektakulernya. Posisinya lebih tinggi dan menyatu dengan dinding yang berada di lantai atas tadi. Yang paling terlihat isitmewa adalah bagian plafonnya.

Penutup atap yang terletak dibawah atap ini menggunakan bahan dari kayu yang diberi warna coklat terang, sehingga tampilannya bisa terlihat dengan jelas dan punya karakter yang sangat kuat serta elegan.

Untuk membuatnya, pertama kali disiapkan beberapa kayu dengan ukuran yang cukup besar dan dibentuk menjadi lengkungan. Kayu lengkung ini kemudian dipasang diatas pilar dengan bantuan besi baja kecil yang disatukan dengan pilar tersebut. Setelah kayu lengkung ini tersusun dengan baik, selanjutnya pada bagian atasnya diberi susunan dari papan kayu yang lebih tipis dan kecil.

Papan kayu ini disusun secara vertikal, berlawanan dengan susunan kerangka yang horizontal. Kemudian diatas susunan kayu ini diberi lapisan dari lembaran baja ringan dan berfungsi sebagai atap bangunan.

Pada bagian depan dan samping, atap baja ini membentuk semacam garis yang alurnya mengikuti susunan kayu yang melengkung. Sehingga tampilannya terlihat lebih rapi, artistik dan cantik.

Sedangkan bangunan tambahan yang berada di sebelah samping kanan, hanya terdiri dari satu lantai saja. Dinding yang berada di depan juga menggunakan kaca, namun pada bagian dalamnya diberi kain korden warna merah menyala. Bagian dinding yang lain berupa tembok yang diberi warna krem terang. Paduan beberapa warna yang diaplikasikan pada dinding depan ini memberi kesan yang agak kontras dengan bangunan utama yang berada di samping kanannya.
Selanjutnya, keindahan bangunan rumah ini makin terlihat lebih sempurna dengan adanya taman yang berada di sisi kiri, depan teras yang atapnya melengkung tadi. Meski taman tersebut hanya kecil saja, namun tampilannya sangat bersahaja dan menambah nilai artistik pada bangunan rumah secara keseluruhan.

Sumber gambar : http://homedesigndecorator.com

Artikel Lainnya :