Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Rumah Indah Bergaya Minimalis

Rumah Indah Bergaya Minimalis
Bangunan rumah ini berada di daerah pinggiran kota, yang kondisi lingkungannya masih terasa segar dan sejuk. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya pepohonan yang tumbuh dengan ukuran yang cukup tinggi dan berdaun lebat disekitar bangunan tersebut, terutama pada bagian belakang.

Adapun desainnya menggunakan konsep dan gaya minimalis , namun tetap bisa menyatu dengan alam yang berada disekitarnya. Bangunan ini terdiri dari tiga lantai, dimana pada bagian dindingnya didominasi dengan warna putih. Penggunaan warna putih ini menghasilkan suasana yang lebih terang namun tetap sejuk dan segar.

Lantai yang berada di bagian paling bawah punya ukuran yang paling panjang dan luas, namun punya ukuran ketinggian yang paling rendah. Pada bagian muka sebelah kiri, terdapat pintu yang menggunakan bahan kaca gelap atau riben warna hitam. Letaknya agak menjorok kebelakang dan didepannya terdapat tiang atau pilar penyangga bangunan. Selanjutnya disebelah kanan pintu, dinding dibuat dengan menggunakan garis-garis yang dibuat secara vertikal.

Dua ruang yang berada di sebelah kanan pintu, merupakan tempat yang bersifat semi terbuka. Ruang ini digunakan untuk menyimpan potongan kayu hasil penebangan yang bentuknya masih utuh atau gelondongan. Kayu gelondongan yang disimpan dalam ruang bagian depan ini memang merupakan suatu kesengajaan. Tujuannya adalah untuk menciptakan kesan yang lebih alami dan natural.

Sedangkan ruang yang berada di bagian paling kanan, dindingnya juga dibuat garis-garis seperti dinding yang berada di sebelah kanan pintu tadi, namun ukurannya lebih besar dan lebar. Pada bagian tengah ditutup dengan dinding lain yang membentuk semacam bidang atau garis vertikal.

Untuk bagian tengah atau tingkat dua, ukuran bangunannya lebih pendek dibanding dengan namun lebih tingg serta terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama yang berada di sebelah kanan, letaknya agak menjorok kearah depan. Di situ terdapat pintu dengan ukuran yang tidak begitu besar serta menggunakan bahan kaca.

Jendela yang berada di sebelah kanan, letaknya tepat berada di pinggir kiri dan menyatu dengan jendela lain yang berada pada dinding bagian samping. Pengguanaan kaca pada jendela dan pintu ini memunculkan kesan yang lebih mewah, elegan dan artistik pada bangunan. Didepan pintu sebelah kanan terdapat tiga kursi yang diletakan secara bejajar.
Bagian kedua yang terletak di sebelah kanan, tampilannya cukup sederhana, hanya berupa kotak biasa. Dinding yang berada di depan atau bagian muka, terbuat dari kaca, namun ditutup dengan alat semacam kere yang terbuat dari logam tipis dan berwarna hitam. Dengan adanya kere ini, penghuni yang berada di dalam ruang tetap bisa melihat kondisi di laur dengan jelas, sementara dari luar, tidak bisa melihat kondisi di bagian dalam.

Kemudian untuk lantai yang berada di bagian paling atas atau lantai tiga punya ukuran yang paling kecil namun lebih tinggi dengan dua lantai yang ada di bawah. Konsep desain dari lantai tiga ini tidak berbeda jauh dengan ruang yang berada di lantai bawah pada bagian kedua atau kanan.

Di belakang bangunan ini masih terdapat bangunan lain yang pada bagian depannya menggunakan dinding kaca. Sementara itu lantai lain yang posisinya ada di bawah menggunakan dinding biasa, namun pada bagian tengahnya dipasang jendela kecil yang juga menggunakan bahan kaca.

Parit yang berada di depan halaman dibuat dengan desain khusus dan istimewa. Pinggiran parit ditutup dengan susunan kayu, sedangkan bagian atas ditutup dengan kaca bening yang dipasang secara miring ke depan. Desain parit ini secara tidak langsung membuat tampilan bangunan rumah secara keseluruhan terlihat makin indah, mewah, elegan dan sangat artistik.

Sumber gambar : http://homedesigndecorator.com

Artikel Lainnya :