Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Tips Untuk Menghemat Biaya Renovasi Murah

 Tips Untuk Menghemat Biaya Renovasi Murah
Berangkat dari kebutuhan dan memilih prioritas ruangan yang akan direnovasi sebenarnya sudah bisa membuat pengeluaran untuk biaya renovasi rumah menjadi murah. Akan tetapi tidak ada salahnya pula jika Anda mempunyai uang lebih tanpa bersifat boros, Anda merenovasi rumah karena alasan estetika. Misalnya ingin menjadikan rumah lebih indah, maka Anda merenovasinya dengan mengganti cat. Untuk estetika dalam rumah, maka Anda menambah interior-interior yang membuat rumah Anda terkesan “hidup” oleh nuansa artistik yang tertata dengan rapi.

Namun pada dasarnya untuk menghemat biaya renovasi rumah adalah kembali kepada aspek fungsionalitas. Renovasi tidak selalu harus meruntuhkan dinding tembok, akan tetapi Anda bisa mengeser-geser benda-benda di dalam rumah dengan strategi untuk membentuk ruangan baru. Misalnya Anda membutuhkan mushola di dalam rumah, tanpa harus menambah bangunan baru, Anda bisa bersiasat dengan menggeser lemari pajangan yang besar di ruang keluarga berhadapan dengan dinding, sehingga terbentuk jarak antara dinding dan lemari pajangan sekitar 2x2 meter dan ruangan itu cukup bagi Anda dan keluarga melaksanakan shalat berjamaah di rumah.

Apabila Anda merasakan perlu sekali untuk memperlebar dan menambah ruangan, maka fikirkan secara matang mengenai skala prioritas ruangan mana yang harus Anda dahulukan untuk direnovasi. Untuk menghemat biaya renovasi maka Anda libatkan jasa kontraktor selama proses renovasi rumah. Karena jasa kontraktor ini seperti guide  bagi Anda terutama dalam pengelolaan keuangan pembangunan. Jika diindikasi Anda melakukan pemborosan maka dengan segera pihak kontraktor meluruskan dan memberikan pertimbangan kepada Anda dengan menyodorkan harga material yang berkualitas dalam harga murah.

Aspek hemat lainnya dengan menggunakan jasa kontruksi saat merenovasi rumah yaitu mereka yang akan mensuplai bahan-bahan bangunan dengan mengantarkannya langsung ke rumah Anda.  Tanpa membuang waktu lagi, bahan-bahan bangunan yang telah ada akan dipakai dengan segera oleh para tukang. Dengan demikian, akan membantu mempercepat proses renovasi rumah. Sehingga semakin cepat waktu renovasi, semakin hemat pula biaya yang Anda keluarkan.

Selain dengan melibatkan jasa kontraktor,  langkah untuk menghemat biaya renovasi rumah agar murah adalah Anda bisa pula mengoptimalkan fasilitas internet untuk melihat sekaligus mensurvey harga material bangunan. Saat ini sudah banyak toko bangunan yang mempunyai official website sehingga Anda bisa meninjau harga-harganya. Apabila Anda sudah fix dengan harga yang telah diperhitungkan, maka tanpa Anda harus keluar dan beranjak dari tempat duduk, Anda bisa langsung memesannya via online. Cantumkan alamat jelas Anda, maka pesanan material yang Anda order akan segera datang.

Di samping itu, banyak cara agar Anda bisa menghemat biaya renovasi rumah, dibawah ini ada beberapa tipsnya:
1. Prioritas ruangan. Pertimbangkan secara matang sebelum Anda merenovasi rumah mengenai aspek prioritas fungsi ruangannya. Misalnya jika Anda akan merenovasi antara ruang tamu dan ruang makan keluarga, maka dianjurkan Anda memprioritaskan merenovasi ruang tamu karena dilihat dari fungsinyaruang tamu adalah tempat berinteraksinya pemilik rumah dengan orang lain yang berkunjung. Oleh sebab itu, Anda harus menampilkan ruangan yang tertata rapi agar tamu yang datang merasa nyaman.

2. Estimasi dana. Prediksikan mengenai anggaran yang harus Anda keluarkan untuk merenovasi rumah. Kalkulasi dana yang dihasilkan dari perhitungan sebaiknya dievaluasi kembali jika masih terjadi pembengkakan anggaran, maka Anda harus segera memangkasnya.

3. Targetkan jangka waktu renovasi. Waktu akan sangat berpengaruh terhadap biaya yang Anda keluarkan, apalagi jika Anda melibatkan pihak atau jasa lain untuk membantu renovasi rumah. Anda perlu memberikan upah kepada pihak yang membantu Anda setiap harinya. Untuk menghindari waktu yang molor, sebelum pelaksanaan renovasi Anda harus membuat planning target proses pembangunan setiap harinya, agar terlihat progress pembangunan dari waktu ke waktu dan renovasi rumah Anda akan cepat selesai. Dengan begitu Anda telah mengahemat anggaran renovasi rumah.

Pada intinya, penghematan biaya renovasi rumah berawal dari perencanaan yang matang sebab jika dari perencanaannya saja tidak tertata secara sistematis dan efektif, maka pada saat praktiknya pun tidak mengherankan apabila Anda merasa banyak pengeluaran yang cenderung boros untuk merenovasi rumah.
Artikel Lainnya :