Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Jangan Takut Biaya Arsitek Mahal, Ukur Budget Pembangunan Rumah Anda

 Jangan Takut Biaya Arsitek Mahal, Ukur Budget Pembangunan Rumah Anda
Opsi mendirikan rumah tinggal memang bermacam-macam. Mulai dari mengurus segala sesuatunya sendiri, menyerahkan pada pemborong, ataupun menggunakan jasa kontraktor. Mereka yang mengerjakan dan mengurus segala sesuatunya sendiri, mulai dari konsep desain, pemilihan material dan ketersediaan material, tukang, pengawasan, dan segala aktivitas yang dibutuhkan hingga sebuah rumah tinggal siap dihuni, umumnya berprinsip untuk melakukan penghematan. Perhitungannya, jika melibatkan pihak lain semisal jasa arsitek, tentunya mereka harus menyediakan anggaran lebih untuk membiayai semua itu. Alasan lain adalah munculnya kekhawatiran bila terjadi pembengkakan biaya tambahan yang diluar perencanaan. Akhirnya, mereka siap bercapek-capek untuk mengurusi segala kebutuhan proses pembangunan rumah tanpa melibatkan pihak lain.

Benarkah penggunaan jasa arsitek akan membengkakkan anggaran pembangunan rumah Anda? Pertanyaan ini tentu patut dikritisi.

Pertama, asumsi setiap jasa arsitek menawarkan tarif mahal. Hal tersebut tidak selamanya benar. Sekarang ini sudah banyak penyedia jasa arsitek profesional dengan tarif terjangkau. Image Bali Arsitek dan Kontraktor adalah buktinya. Kami adalah tenaga ahli di bidang arsitektur maupun kontraktor yang berpengalaman dan telah menangani banyak proyek. Meskipun demikian, kami berani menawarkan harga terjangkau dengan kualitas prima. Kepuasan klien adalah prioritas kami. Anda bisa melihat portofolio kami. Kami pun siap memberikan konsultasi untuk membantu Anda menciptakan desain rumah yang unik dan berkualitas. Jadi, jika ada jasa arsitek profesional dengan tarif terjangkau, mengapa harus pilih yang mahal?

Kedua, hitung dengan cermat Rencana Anggaran Biaya (RAB) pembangunan rumah Anda. Untuk mengetahui biaya total yang harus Anda keluarkan dalam proses pembangunan rumah, tentu Anda tidak bisa mengira-ngira begitu saja. Segala sesuatunya butuh diperhitungkan dengan cermat. Caranya adalah dengan menyusun RAB. RAB berisi biaya dari seluruh item bahan yang dibutuhkan termasuk besarnya upah dalam proses pembangunan rumah.

Cobalah memasukkan jasa arsitek sebagai salah satu item biaya yang harus diperhitungkan dalam RAB tersebut. Kemudian coba buat RAB dengan versi tanpa menggunakan jasa arsitek. Perhitungkan dengan cermat efisiensi yang dicapai. Baik dari segi waktu, tenaga, dan biaya yang harus Anda keluarkan. Selanjutnya lakukan analisa perbandingan.

Andaikan ternyata ada perbedaan besarnya nilai anggaran yang harus Anda keluarkan, lakukan penilaian dari segi efektifitas waktu dan tenaga. Dengan menggunakan jasa arsitek profesional, Anda akan mendapatkan semua itu. Meskipun ada biaya tambahan, Anda akan mendapatkan hasil yang sepadan. Konsep rumah Anda akan dirancang secara cermat dan detil. Dan tentunya dengan perhitungan yang sangat teliti sehingga bisa meminimalisasi terjadinya kesalahan. Kesalahan dalam proses pembangunan rumah tentu merupakan tindakan yang sangat fatal. Karena bisa mengulur waktu penyelesaian sekaligus menambah biaya pengeluaran. Nah, dengan menyusun RAB ini Anda bisa mengukur budget yang harus Anda sediakan selama proses pembangunan rumah hingga rumah siap dihuni.

Namun permasalahannya, apakah Anda memiliki kemampuan untuk mengerjakannya sendiri? Jika Anda tidak mampu, sebaiknya Anda menggunakan jasa pembuatan RAB. Sebab dengan menghitung RAB ternyata Anda akan mendapatkan sejumlah keuntungan berikut ini:

(1)    Mengetahui semua jenis pekerjaan yang akan dilakukan selama proses pembuatan rumah berlangsung.

(2)    Mengetahui volume yang dibutuhkan untuk setiap jenis bahan yang digunakan.

(3)    Mengetahui estimasi biaya total pembangunan rumah.

(4)    Bisa mengontrol setiap jenis pekerjaan, baik yang sudah dilakukan maupun yang belum.

Jadi, tidak perlu takut menggunakan jasa arsitek. Dengan perhitungan yang tepat dan cermat, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.
Artikel Lainnya :