Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Jadikan Rumah Anda Spesial, Bukan Rumah Kebanyakan !

 Jadikan Rumah Anda Spesial, Bukan Rumah Kebanyakan !
Rumah tinggal terlihat spesial? Pasti setiap orang menginginkan itu. Termasuk Anda juga bukan? Rumah tinggal berbeda dari yang lainnya, berciri khas, dan tidak seperti rumah kebanyakan adalah sesuatu yang sering kali diidamkan oleh para pemilik rumah. Hanya saja bagaimana menampilkan rumah tingga agar terlihat berbeda dari rumah kebanyakan, ternyata bukan persoalan yang mudah. Harus memulai dari mana dan apa dulu? Pertanyaan ini yang sering kali muncul di benak.

Mendesain rumah tinggal agar terlihat spesial ternyata bukan sekedar mendasarkan pada ketersediaan anggaran saja. Sebab meskipun anggaran melimpah, tidak secara otomatis semua terselesaikan. Ada faktor-faktor lain yang seharusnya dipersiapkan dan dipertimbangkan secara matang.

Pertama, konsep desain rumah . Rumah yang spesial adalah rumah yang berkarakter. Dan karakter tentunya adalah sesuatu yang khas. Bagaimana mengaplikasikan karakter penghuni rumah pada rumah tinggalnya? Cobalah Anda terlebih dulu melakukan pengamatan terhadap diri Anda sendiri. Mulai dari life style dan karakter pribadi Anda. Setelah itu buatlah sebuah kesimpulan. Sebagai contoh, Anda adalah seorang yang memiliki tingkat mobilitas cukup tinggi dengan aktivitas super padat. Anda pun menyukai hal-hal yang praktis namun tetap mempertimbangkan nilai-nilai artistiknya dan mengedepankan fungsional. Maka desain rumah yang direkomendasikan untuk Anda adalah modern minimalis.

Kedua, desain interior rumah. Untuk menghasilkan sebuah desain interior yang menawan, ada beberapa aspek yang harus disiapkan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

(1) Layout dan ukuran. Siapkan layout rumah Anda dan pastikan Anda telah memiliki ukuran setiap ruangan yang hendak Anda desain interiornya.  Selanjutnya tandai pada layout tersebut sesuai dengan jenis furnitur yang hendak Anda pasang.  Cantumkan pula ukuran furnitur. Pastikan ukuran furnitur serasi dengan ukuran ruangan.

(2) Memilih jenis furnitur. Setelah Anda mendaftar semua kebutuhan furnitur, sekarang saatnya menentukan pilihan. Apakah Anda membeli dari toko atau memesan? Jika Anda membeli dari toko, pastikan ukurannya sesuai dan modelnya serasi dengan konsep ruangannya. Bila ternyata Anda kesulitan mendapatkan furnitur yang seperti itu, sebaiknya Anda memesan saja. Untuk memilih jenis furnitur, poin penting yang harus diperhatikan adalah ukuran, model, warna, dan fungsi. Misalnya rumah dengan desain modern minimalis lebih tepat menggunakan furnitur berukuran kecil dengan model yang simpel (tidak terlalu banyak detil) dan bentuknya cenderung geometris, menggunakan warna-warna solid serta bersifat fungsional. Artinya keberadaan furnitur di suatu ruangan karena memiliki nilai guna atau fungsi khusus dan tidak sekedar sebagai pajangan belaka.

(3) Tata letak. Pastikan keberadaan furnitur tidak menganggu mobilitas penghuninya. Sebagai contoh, jangan menaruh meja, kursi, dan interior rumah lainnya tepat di balik daun pintu. Atau memajang terlalu banyak furnitur di sebuah ruangan sehingga memberikan kesan sempit dan ruangan terasa penuh sesak.

(4) Aksesoris. Jangan lupa menambahkan aksesoris sebagai pelengkap dan pemanis ruangan. Anda bisa memilih lukisan, bunga, foto, dll. Sesuaikan ukuran, warna, dan bentuk aksesoris dengan konsep ruangan serta furniturnya.

Ketiga, pencahayaan. Sebuah rumah dengan desain yang menawan tentu pada malam hari hanya akan terlihat suram bila tidak dibantu dengan pencahayaan. Pencahayaan di sini tidak sekedar untuk membuat rumah tampak terang dan diketahui orang. Namun bagaimana memberikan kesan fasad rumah yang tampak indah meskipun pada malam hari. Jadi, aspek pencahayaan di sini harus dirancang dengan matang. Agar rumah bisa terang sekaligus tetap tampak indah. Sebagai contoh gunakan downlight pada pojok-pojok rumah. Adapun untuk elemen rumah yang tinggi bisa digunakan uplight untuk menampilkan kesan megah.
Artikel Lainnya :