Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Jasa Pengawasan Proyek, Mata Kaki Anda Langsung pada Proyek

 Jasa Pengawasan Proyek, Mata Kaki Anda Langsung pada Proyek
Merasa was-was proyek yang sedang Anda kerjakan tidak sesuai dengan rencana? Kekhawatiran itu wajar terjadi. Setiap pekerja di lapangan maupun kontraktor adalah manusia biasa. Bisa jadi mereka melakukan kesalahan, baik yang disengaja ataupun tidak. Bisa pula mereka melakukan kecurangan, melakukan manipulasi untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Sejumlah alasan ini sering kali mendasari keraguan serta kekhawatiran pada setiap orang yang sedang menjalankan suatu proyek. Namun bukan berarti masalah tersebut tidak bisa diatasi. Ada beberapa upaya yang bisa Anda upayakan untuk meminimalisasi segala bentuk kecurangan maupun kesalahan yang terjadi di lapangan. Beberapa langkah antisipasi yang bisa Anda ambil antara lain adalah sebagai berikut:

Pertama, selektif dalam memilih kontraktor. Agar kontraktor yang Anda pilih benar-benar bisa diandalkan dan bisa meminimalisasi terjadinya kesalahan, sebaiknya Anda memilih kontraktor profesional. Para kontraktor profesional umumnya akan bekerja secara optimal. Mereka berusaha mengerjakan seluruh item pekerjaan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan berusaha memenuhi deadline yang telah disepakati. Anda bisa mengecek portofolio kontraktor yang hendak Anda tunjuk. Pastikan mereka memiliki track record yang memuaskan.

Kedua, menggunakan jasa pengawasan proyek. Agar fungsi kontraktor bisa berjalan optimal memang perlu dilakukan pengawasan. Dan pengawasan di lapangan bisa Anda serahkan pada ahlinya, yakni jasa pengawasan proyek. Mereka menjadi ‘mata kaki’ (representatif) Anda sebagai pemilik proyek. Jasa pengawasan akan mengawasi pelaksanaan proyek secara menyeluruh sehingga kualitas bangunan bisa dipertanggungjawabkan dan memenuhi aspek keamanan. Selain itu, desain di lapangan juga sesuai dengan konsep desain yang telah dirancang. Dengan demikian, Anda bisa menghemat waktu, biaya, dan juga tenaga.

Lalu jasa pengawasan akan melakukan pekerjaan pengawasan apa saja terhadap proyek yang sedang Anda kerjakan?

(1) Memeriksa shop drawing dari kontraktor sehingga konstruksi mudah dikerjakan dan memeriksa urutan pekerjaan serta melakukan penjadwalan.

(2)  Melakukan koordinasi dan pemantauan terhadap pelaksanaan konstruksi yang dilakukan kontraktor serta mengevaluasi penggunaan dan penyediaan material, penggunaan dana, maupun pencapaian konstruksi.

(3)    Memberikan petunjuk dan instruksi kepada kontraktor agar seluruh item pekerjaan sesuai dengan standar yang telah disepakati.

(4)  Melakukan inspeksi dan pemeriksaan terhadap setiap item pekerjaan pada seluruh daerah kerja.

(5)  Mengecek material konstruksi agar setiap item pekerjaan dikerjaan sesuai dengan spesifikasinya.

(6)  Melakukan pemeriksaan terhadap peralatan kerja dan material konstruksi dan memastikannya benar-benar telah sesuai dengan spesifikasi.

(7) Mengawasi pencapaian pekerjaan, baik dari segi kualitas maupun kuantitas serta biaya konstruksi dan ketepatan waktu.

(8) Memberikan masukan untuk menyelesaikan permasalahan di lapangan. Namun demikian pengambil keputusan tetap berada di tangan pemilik proyek.

(9)  Membuat laporan pertanggungjawaban proyek.

Itulah tugas penting dari jasa pengawasan. Kini saatnya Anda memutuskan jasa pengawasan mana yang hendak Anda pilih. Pastikan jasa pengawasan Anda bekerja secara profesional. Bagi Anda yang tinggal di daerah Bali dan sekitarnya, pilihan yang tepat jatuh pada Image Bali Arsitek dan Kontraktor. Kami adalah tenaga profesional yang berpengalaman. Dengan dukungan tenaga ahli di bidangnya, kami siap memberikan kualitas yang terbaik bagi Anda dan pastinya dengan harga yang bersaing. Jika Anda masih ragu, Anda bisa menghubungi kami di halaman ‘contact us’. Atau bisa datang langsung ke alamat kantor kami. Kami akan memberikan pelayanan yang terbaik dan kepuasan Anda adalah prioritas kami. Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini.
Artikel Lainnya :