Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Membangun Resort ‘Ala’ Maldives di Indonesia, Mungkinkah?

 Membangun Resort ‘Ala’ Maldives di Indonesia, Mungkinkah? Bagi pecinta wisata tentu sudah tidak asing lagi dengan resort. Selain sebagai tempat berwisata, resort juga didukung dengan kelengkapan fasilitasnya serta memiliki obyek lain yang bernilai jual. Resort sangat cocok dijadikan tempat peristirahatan maupun tempat persinggahan karena letaknya berdekatan dengan kawasan obyek wisata.

Salah satu resort yang terkenal di dunia berada di Maladewa atau yang terkenal dengan sebutan Maldives. Negara yang bernama resmi Republik Maldives merupakan negara kepulauan dengan sejumlah pulau kecil di dalamnya. Negara ini juga memiliki sejumlah gugusan terumbu karang dan terletak di Samudera Hindia, tepatnya di sebelah selatan Pulau Lakshadweep (India). Maldives terkenal dengan pantainya yang eksotis. Tidak mengherankan jika Maldives menjadi tempat liburan populer bagi selebriti dunia.
 
Apa saja yang menjadi keistimewaan Maldives sehingga negara ini berkali-kali masuk dalam kategori Best Country Brand for Beach, World’s Most Romantic Destination, dan Rest and Relaxation?

Pertama, eksotisme pantainya. Tidak diragukan lagi, pantai di Maldives menampilkan keindahan alam yang sangat fantastis. Air lautnya berwarna biru, berpadu indah dengan warna langit yang sama birunya. Guratan lukisan Sang Maestro itu semakin sempurna dengan kehadiran pasir putih di tepi pantainya yang sangat mempesona. Sesekali ombak bergulung memecah butiran pasir putih di tepi pantai. Tidak hanya itu saja, siapa saja yang datang pasti akan dibuat takjub dengan air pantainya yang sangat jernih. Persis seperti kristal, sangat bening. Sehingga dasar pantai pun bisa terlihat dari permukaan air. Pantai di Maldives memang cocok mendapatkan julukan Last Paradise on Earth.

Kedua, prestise. Setiap satu pulau yang terdapat di Maldives memiliki satu resort. Artinya, resort ini sangat menjaga privasi. Sehingga bagi Anda yang menginap di resort tersebut seakan telah memiliki pulau pribadi. Benar-benar prestise. Di sana juga terdapat bungalow yang dibangun di atas laut. Menariknya lagi, resort-resort tadi bisa dicapai dengan menggunakan alat transportasi khusus. Yakni sea plane atau pesawat terbang model ampibi. Jadi bisa mendarat di atas air. Sangat fantastis bukan?
 
Bagaimana dengan Indonesia? Mungkinkah di Indonesia didirikan resort ala Maldives? Sangat mungkin sekali. Mengingat Indonesia juga termasuk negara kepulauan. Apalagi di Indonesia memiliki banyak pulau kecil yang tidak berpenghuni serta belum dikelola dengan baik. Selain itu, pantai-pantai di Indonesia juga terkenal sangat indah. Sebagaimana yang terdapat di Bali maupun di Lombok. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan untuk membangun resort ala Maldives di negeri ini?

Pertama, survei tempat. Anda perlu mensurvei gugusan pulau kecil mana di Indonesia yang memiliki pantai indah dan belum dikelola secara profesional. Carilah karakter pulau sebagaimana di Maldives, yakni suatu kawasan yang terdiri dari pulau-pulau kecil tak berpenduduk.

Kedua, perhatikan akses transportasi. Setelah Anda mendapatkan pulau yang dimaksud serta mendapatkan perijinan untuk membangun resort di sana, pastikan keberadaan resort nanti tidak terisolir. Artinya, Anda harus menyiapkan akses jalan ke sana. Bisa lewat jalur transportasi laut ataupun udara. Anda bisa menyiapkan kapal khusus ataupun pesawat perintis.

Ketiga, desain resort. Anda harus menyiapkan desain resort yang elegan sekaligus eksotis. Jangan ragu memilih jasa arsitek yang berpengalaman dan bisa diandalkan. Ceritakan dengan detil konsep yang telah Anda gagas kepada jasa arsitek tersebut. Konsultasikan segala sesuatunya agar Anda mendapatkan gambaran yang jelas serta mempersiapkan segala sesuatunya secara matang. Selamat berburu pulau Maldives di Indonesia!
Artikel Lainnya :