Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Beberapa Hal Penting Sebelum Memutuskan Membeli Tanah

Beberapa Hal Penting Sebelum Memutuskan Membeli Tanah
keputusan pertama saat Anda akan membangun rumah adalah mempertimbangkan untuk membeli tanah. Harga tanah akan mempengaruhi keputusan Anda untuk membelinya atau tidak karena biayanya pararel untuk pembangunan rumah juga. Atau mungkin pula mengenai lokasi lahan yang cocok bagi Anda dan keluarga akan menjadi pertimbangan dalam pembelian tanah.

Banyak hal penting bagi Anda pertimbangkan secara matang sebelum memutuskan untuk membeli tanah agar keluarga Anda benar-benar nyaman tinggal di daerah yang Anda pilih. Faktor lingkungan sosial akan mendukung kenyamanan keluarga untuk betah tinggal di sebuah wilayah. Di samping itu tentunya akan banyak sekali hal penting lainnya yang bisa menjadi pertimbangan Anda pribadi dan keluarga dalam memutuskan untuk membeli lahan untuk membangun rumah. Berikut beberapa hal penting yang akan membantu Anda dalam mempertimbangkan melakukan transkasi pembelian tanah.

Pertama, surat-surat yang berkaitan dengan data legalitas tanah. Surat ini akan sangat penting untuk menjamin kepemilikan tanah. Dengan adanya kejelasan mengenai surat tanah maka Anda sudah mengantongi izin dari pemerintah setempat  untuk menggunakan lahan atas nama Anda. Selain itu perlunya surat-surat administrasi tanah dari pihak pemerintah juga bisa membuat Anda aman untuk mendirikan atau membangun apapun di atas lahan tersebut. Jika Anda  mendirikan rumah, maka Anda setidaknya telah menjamin keluarga untuk hidup tenang tanpa khawatir memikirkan  mengenai status tanah yang sewaktu-waktu akan di gusur oleh pihak berwajib karena mendirikan bangunan di atas tanah tanpa izin.

Kedua, sebelum membeli tanah perhatikan pula mengenai akses ke tempat umum, seperti sekolah, rumah sakit, dan pasar. Ditambah kemudahan akses ke tempat kerja Anda harus dimasukkan dalam faktor pertimbangan. Karena sarana akomodasi termasuk situasi lalu lintas yang tidak macet akan membantu produktivitas dan disiplin kinerja Anda selama di kantor.

Ketiga, hal penting lainnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah lingkungan di sekitar, apakah kehidupan warganya akan memberikan dampak positif bagi Anda dan keluarga terutama bagi pembentukan karakter anak-anak yang akan mengadopsi mentah-mentah perilaku lingkungannya. Lingkungan yang baik akan memberikan sugesti yang baik pula kepada warganya, maka pilihlah tanah dengan kondisi lingkungan sosial yang positif.

Namun jika Anda akan menciptakan perkebunan atau pertanian maka yang harus Anda perhatikan adalah faktor kesuburan tanahnya. Apabila Anda akan mendirikan sebuah industri atau pusat perbelanjaan maka Anda harus mempertimbangkan pangsa pasar dan tingkat pendapatan yang akan berimbas pada daya belinya terhadap produk-produk industri.

 Keempat, pertimbangkan pula masalah harga yang rasional dengan melihat variabel kemudahan akses jalan umum dan serapan air bersih misalnya, akan membantu Anda untuk memutuskan membeli atau tidak tanah tersebut. Anda harus kritis dalam bernegosiasi harga jangan sampai Anda tertipu. Di perkotaan harga tanah di pinggir jalan akan lebih mahal dibandingkan dengan harga tanah di dalam pemukiman karena pertimbangan akses ke jalan raya lebih dekat dan memudahkan Anda jika membawa kendaraan.

Hal penting terkahir setelah Anda deal dengan harga tanah yang ditawarkan, maka Anda harus mengetahui pula mengenai birokrasi perizinan penggunaan lahan. Dengan mempelajari karakter birokrasi setempat, maka Anda bisa mengambil sikap dalam menggunakan lahan nanti. Karena banyak izin penggunaan lahan yang tidak mengindahkan aspek dampak lingkungan. Maka persiapan ini menjadi penting bagi Anda sebelum membeli tanah, yakni bagaimana pemetaan lingkungan di daerah setempat agar penggunaan lahan yang Anda lakukan tidak mengakibatkan dampak negatif bagi lingkungan.
Artikel Lainnya :