Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Langkah Penting dalam Merenovasi Rumah Murah

 Langkah Penting dalam Merenovasi Rumah Murah
Suasana rumah dapat mempengaruhi mood Anda untuk beraktivitas maka renovasi atau pergantian suasana dalam beberapa ruangan rumah perlu Anda lakukan. Selain karena faktor internal diri pribadi Anda, renovasi rumah pun perlu dilakukan disebabkan fungsi dan penambahan ruangan, dll.

Meskipun demikian, tetaplah harus diperhatikan pula faktor keuangan Anda untuk merenovasi rumah. Akan tetapi jangan pula sampai mengurungkan niat Anda untuk melakukan renovasi jika memang sudah saatnya rumah Anda perlu direnovasi. Dalam hal ini yang perlu Anda pikirkan adalah bagaimana caranya agar renovasi yang Anda jalankan tidak mengeluarkan biaya yang terlalu mahal. Di bawah ini akan disampaikan beberapa langkah  dalam merenovasi rumah dengan biaya murah , yakni:

1. Prioritaskan bagian rumah yang perlu direnovasi. Membuat daftar skala prioritas ruangan yang perlu mendapatkan sentuhan renovasi akan membantu Anda untuk menekan anggaran. Dengan demikian Anda dapat melakukan renovasi secara bertahap sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Terutama jika renovasi rumahnya bersifat ekspansi atau penambahan dan perluasan ruangan maka itu akan menelan biaya yang agak besar dibandingkan jika renovasi yang bersifat revitalisasi atau perbaikan saja.

2. Desain atau gambar rencana renovasi ruangan. Dengan bantuan arsitektur hal ini akan lebih efektif untuk menghindari kesalahan model dalam renovasi sehingga tidak akan terjadi bongkar pasang yang mengakibatkan pengeluaran berlipat ganda untuk renovasi rumah. Sangat disayangkan jika hal itu terjadi, maka mintalah desain renovasi dengan detail agar Anda mendapatkan hasil renovasi rumah yang maksimal.

3. Tentukan material apa saja yang akan digunakan untuk renovasi. Dalam tahap ini bisa melakukan window shopping melalui internet. Anda bisa melihat banyak preferensi material bangunan yang berkualitas dan daftar harganya sehingga Anda bisa mempertimbangkan dan memutuskan material mana yang akan Anda pakai.

4. Membuat anggaran dana renovasi. Setelah Anda melakukan searching di internet tentang harga material, maka Anda sudah dapat memprediksikan harga material di toko bangunan yang disesuaikan dengan keuangan yang Anda anggarkan untuk renovasi. Membuat perencanaan keuangan bukan hanya untuk alokasi pembelian material saja, tetapi Anda harus juga membuat anggaran untuk membayar arsitektur yang mendesain ruangan dan kontraktor atau para tukang yang melaksanakan proses renovasi rumah Anda.

5. Melakukan proses renovasi sesuai dengan jangka waktu yang Anda tetapkan agar renovasi cepat selesai dan tidak memakan waktu yang terlalu lama.

Langkah-langkah di atas, bisa Anda modifikasi sesuai dengan yang Anda butuhkan selama itu ditujukan untuk penghematan biaya dengan tetap memperhatikan kualitas renovasi. Seperti tidak melibatkan jasa arsitektur,cukup dengan menggunakan jasa kontraktor, karena ada beberapa kontraktor yang sudah bisa permodelan dan mengukur struktur bangunan.

Apalagi jika Anda akan merenovasi rumah pada tingkat perbaikan saja, maka hal itu tidak perlu melibatkan banyak pihak agar Anda bisa menghemat anggaran. Seperti mengganti bentuk lampu yang cocok dengan ruangan, maka Anda tinggal mencari model-model lampu di website interior, dan majalah-majalah yang membahas tentang interior rumah seperti tabloid dan buku-buku properti.

Pada dasarnya, merenovasi rumah dalam bentuk ekspansi atau revitalisasi bisa murah, asal Anda mengutamakan kebutuhan daripada keinginan. Karena mengikuti keinginan apapun tidak akan pernah cukup uang Anda memenuhinya, tetapi dengan memprioritaskan kebutuhan dalam merenovasi maka anggaran yang ada bisa dioptimalkan. Satu hal yang selalu menggoda mata adalah model-model desain bangunan dan interior ruangan yang terus berkembang akan menuntut Anda mengikutinya, dan memang tidak salah mengikuti perkembangan model akan tetapi harus sesuai pula dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda dalam merenovasi rumah.
Artikel Lainnya :