Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Perlunya Jasa Kontraktor dalam Merenovasi Rumah

Perlunya Jasa Kontraktor dalam Merenovasi Rumah
Keadaan hidup tidak selamanya statis tapi akan senantiasa mengalami perubahan yang dapat mewarnai kehidupan itu sendiri. Perubahan bisa terjadi karena suasana lingkungan atau mungkin juga perubahan itu terjadi karena berasal dari diri Anda sendiri, suasana hati dan pikiran bisa merubah kondisi di sekitar Anda. Tidak terkecuali rumah sebagai pelabuhan Anda dan keluarga untuk rehat dari segala rutinitas harian. Untuk menambah kenyamanan di rumah, biasanya ada bagian-bagian rumah yang harus direnovasi. Tujuan utama dari renovasi rumah bisa ditinjau dari dua aspek:

1. Aspek fungsional

Aspek ini merupakan alasan renovasi  rumah yang menitik beratkan pada kegunaan dan kebutuhan yang lebih dari rumah yang ada sebeluimnya. Seperti merenovasi rumah yang bersifat ekspansi atau perluasan, misalnya membuat kamar baru karena bertambahnya anggota keluarga. Sedangkan jika cenderung pada aspek kegunaan biasanya dilakukan renovasi agar kegiatan dalam rumah tangga lebih mudah dan efektif. Contohnya merenovasi bagian pembuangan westafle yang selalu mampet  agar memudahkan pencucian piring dan gelas kotor di dapur. Contoh lainnya dari aspek kegunaan ini seperti merenovasi jendela karena ventilasi udaranya tidak maksimal sehingga sirkulasi udara tidak berlangsung secara normal.

2. Aspek estetika

Selain karena faktor  fungsional, merenovasi rumah bisa juga bertujuan agar terciptanya keindahan baik itu bagian dalam atau luar rumah. Misalnya mengganti warna cat menjadi warna yang lebih terang, atau mengganti interior rumah yang telah usang. Aspek estetika akan menambah kenyaman dan semangat para penghuni rumah tinggal di dalamnya.

Dalam proses renovasinya Anda akan sangat membutuhkan jasa kontraktor. Kontrator merupakan pihak yang akan membantu Anda dalam penyediaan bahan-bahan bangunan. Dengan menggunakan jasa kontraktor maka akan menghemat waktu dan biaya Anda dalam merenovasi rumah. Pihak kontraktor akan memberikan saran barang-barang berkulitas apa saja yang harus Anda pilih dan beli untuk merenovasi rumah.
 
Efisiensi waktu dan biaya menggunakan jasa kontraktor dalam merenovasi rumah ini dikarenakan kontraktor bekerja sesuai dengan target waktu yang telah dirancang diawal sebelum proses renovasi. Mengingat bahwa prinsip renovasi adalah mengutamakan prioritas ruangan mana yang akan direnovasi dengan kata lain ada penghematan dana di dalamnya, maka menggunakan jasa kontraktor adalah sebuah kepentingan. Sebab jika tanpa arahan dari pihak kontraktor dipastikan Anda akan kebobolan anggaran dalam membelanjakan uang untuk keperluan pembelian material bangunan karena keawaman Anda untuk memilih material bangunan ditambah ketidaksesuaian material saat dipasangkan pada bangunan nantinya, maka uang Anda akan keluar dua kali lipat untuk mengganti dan membeli material yang lainnya.

Akan tetapi dengan menggunakan jasa kontraktor yang telah berpengalaman, maka permintaan barang dan bahan bangunan yang kuat dan berkualitas sesuai harapan Anda akan terpenuhi, serta renovasi bangunan akan cepat selesai. Alasan pentingnya menggunakan jasa kontraktor selain menghemat waktu dan uang Anda, manfaat lainnya adalah Anda akan mendapatkan pelayanan yang gesit dalam  merenovasi rumah namun tetap memperhatikan kualitas struktur bangunan. Sistem kerja kontraktor adalah  memandu Anda selaku kliennya untuk memilih material yang baik, selanjutnya mereka akan membelikan dan menempatkannya langsung di tempat bangunan yang akan direnovasi sehingga material yang ada akan langsung dikerjakan oleh tukang yang akan tetap diawasi oleh kontraktor.

Banyak yang berfikir bahwa menggunakan jasa kontraktor tidak banyak membantu dalam proses renovasi rumah karena mereka hanya menjadi mador yang mengawasi tukang saja. Akan tetapi sebenarnya lebih dari itu, pihak kontraktor akan mengawasi proses renovasi sesuai dengan kapasitas pengalaman dan pengetahuannya dalam hal pemabngunan dan renovasi, sehingga mereka akan tetap memperhatikan keakuratan ukuran dan kekuatan struktur bangunan. Maka jangan ragu untuk melibatkan jasa kontraktor dalam merenovasi rumah Anda.
Artikel Lainnya :