Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Merubah Bangunan Rumah Lama Menjadi Rumah Unik

Merubah Bangunan Rumah Lama Menjadi Rumah Unik
Manusia memang tercipta tidak pernah puas dengan apa yang mereka miliki. Ketika meraka sudah mencapai ke suatu titik, pasti akan timbul perasaan untuk berada di tingkat atasnya lagi. Seperti saat memiliki suatu barang, maka kecenderungan untuk memiliki barang yang lebih muncul. Namun, justru hal inilah yang membuat manusia menjadi lebih kreatif untuk terus berupaya mencapai keinginannya.

Seperti halnya sebuah rumah. Ketika Anda diwarisi orang tua rumah yang sudah berusai lama, belum tentu Anda merasa puas. Bisa saja rumah tesebut tidak sesuai dengan selera. Lalu, apa yang harus dilakukan? Salah satu caranya adalah dengan merubahnya menjadi rumah yang unik.

Keunikan merupakan sebuah hal yang memiliki nilai seni tinggi. Keunikan sendiri sangatlah relatif tergantung kepada siapa dan bagaimana orang memandang suatu hal disebut unik. Ada yang menganggap keunikan hampir sama dengan keanehan karena unik bagi seseorang bisa berarti aneh bagi orang lain. Namun satu yang pasti, unik berarti jarang yang menyamai. Oleh karena itu, biasanya sebuah karya yang unik sulit diperoleh dan sangat mahal harganya.

Merubah bangunan lama menjadi rumah yang unik merupakan tantangan yang besar. Ini membutuhkan kreatifitas yang tinggi agar perubahan yang terjadi menampakkan hasil yang maksimal. Namun, menjadi kreatif itu bisa dipelajari dengan cara banyak mencari sumber sebagai referensi serta menggali ilmu dari beberapa pengalaman atau berkonsultasi dengan para ahlinya. Carilah keunikan dari setiap sumber tersebut,lalu rangkum dalam ide kreatif Anda agar bisa diterapkan pada bangunan rumah Anda yang lama.

Dalam merubah bangunan lama menjadi bangunan baru, sebenarnya sangatlah fleksible. Anda tidak harus merubah semua bentuk bangunan menjadi baru, namun Anda bisa mempertahankan kira-kira bagian manakah yang unik dari rumah tersebut. Biasanya, bangunan rumah yang lama justru mempunyai keunikan yang terletak pada bentuknya yang mengikuti arsitektur lama sehingga jarang ditemukan pada rumah-rumah baru buatan jaman sekarang. Gaya-gaya tempo dulu ini justru sekarang banyak digemari oleh banyak orang karena nilai seni dan sejarahnya yang tinggi yang dapat membangkitkan kembali kenangan lama saat masih kecil. Bahkan, sekarang mulai dijumpai bebrapa rumah baru yang mengadopsi gaya rumah tempo dulu.

Untuk membuat rumah Anda menjadi unik, Anda juga bisa memadupadankan rumah yang lama dengan gaya arsitektur yang sekarang. Kebetualan,trend rumah masa kini adalah minimalis. Minimalis artinya praktis dan sangat menekankan pada fungsinya. Barangkali, Anda bisa mengilangkan atau mengganti ruangan Anda yang kurang praktis dengan ruangan yang dapat memenuhi kebutuhan yang lain. Anda bisa juga mengganti beberapa desain ruangan yang terlihat usang dengan yang baru serta keluaran terbaru. Jika bangunan lama ynag masih terawat dipertahankan dengan kombinasi desain modern, pasti akan terlihat unik dan cantik.

Satu lagi yang bisa membuat bangunan rumah Anda menjadi unik. Buatlah bangunan lama menjadi sebuah karya yang benar-benar berbeda dari lingkungan Anda. Misalnya bisa mengusung tema ramah lingkungan. Buatlah rumah mempunyai kesan akan peduli dengan lingkungan dengan cara menonjolkan isu lingkungan. Anda bisa mendesain rumah dengan konsep hemat energy dan bentuk yang lain. Misalnya dengan menggunakan dinding kaca yang besar sehingga cahaya bisa masuk namun tetap terlihat indah dan unik. 

Pada intinya, unik artinya berbeda. Jadi, jangan merasa ragu untuk membuat bagunan rumah berbeda karena jika menurut Anda itu unik. Yang terpenting adalah penghuni bisa merasakan kenyamanan berada dalam rumah.
Artikel Lainnya :