Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Rumah Bambu Yang Menawan dan Unik.

Rumah Bambu Yang Menawan dan Unik.

Rumah Bambu Yang Menawan dan Unik.

Bambu adalah bahan/material yang sudah dikenal sejak dahulu kala, dan sangat banyak dijumpai di daerah Indonesia. Ada 60 jenis bambu yang ditemukan di Indonesia. Bambu tersebut hidup merumpun dan ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan.

Bambu di Indonesia sedikit berbeda dengan bamboo di China dan Amerika Latin, tanaman bamboo di kedua Negara itu cenderung tumbuh sendiri-sendiri sehingga karakter batangnya lebih lurus dan tinggi. Kualitas bambunya juga sangat baik. Sehingga sudah umum pula digunakan sebagai struktur bangunan yang berkualitas baik.

Bambu dikenal memiliki sifat-sifat yang sangat menguntungkan untuk dimanfaatkan karena,  batangnya kuat, ulet, lurus, rata, keras, mudah dibelah, mudah dibentuk dan mudah dikerjakan serta ringan sehingga mudah diangkut. Selain itu bambu juga relatif murah dibandingkan dengan bahan bangunan lain seperti kayu. Bambu ini dapat diolah menjadi alat-alat rumah tangga, kerajinan tangan ataupun alat musik. Dan tentunya juga bias dipakai sebagai struktur membuat rumah/bangunan lainnya.

Disamping banyak manfaatnya dan kelebihan dari bambu itu, tentu saja bambu juga memiliki beberapa kelemahan, seperti : dari sifat fisiknya yang agak susah diolah secara mekanis, ukuran yang berbeda-beda dan tiap ruas buku memiliki perbedaan ukuran, serta mudah di serang rayap, hama kayu bubuk dan jamur.

Terlepas dari kelemahan tersebut, saat ini bambu dianggap sangat bagus untuk bahan struktur rumah dan bangunan lainnya, karena sudah banyak bahan treatment yang bisa digunakan untuk menghilangkan/mengurangi hama-hama tersebut. Bentuk bangunan pun bisa menjadi unik dan berbeda dengan bangunan-bangunan lainnya karena karakter bambu yang memang berbeda-beda setiap batangnya. Ada banyak bangunan bambu yang unik saat ini, dan tentunya satu dengan lainnya tidak ada yang sama.

Kami saat ini sedang menggarap sebuah project bangunan bambu yang nantinya akan digunakan sebagai sebuah restaurant yang unik berbentuk ikan Pari Manta. Project ini berlokasi di Labuhan Bajo – Nusa Tenggara Timur. Tentunya kami siap membantu jika ada kebutuhan/keinginan untuk membuat sebuah bangunan bambu yang harganya relatif lebih ekonomis/murah daripada penggunaan kayu.

Sumber gambar : www.drawhome.com

Artikel Lainnya :