Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Perbandingan Antara Meningkat dan Membesarkan Bangunan

Perbandingan Antara Meningkat dan Membesarkan Bangunan
Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan ukuran bangunan menjadi lebih luas. Yang pertama adalah dengan meninggikan atau meningkat bangunan tersebut menjadi dua lantai atau lebih. Sedangkan yang kedua yaitu dengan memperluas atau menambah bangunan baik yang ada di sebelah kiri, kanan, depan atau belakang.

Diantara dua pilihan tersebut masing-masing punya kelebihan serta kekurangan sendiri-sendiri. Mari kita ulas perbandingan antara meningkat dan membesarkan bangunan tersebut. Jika ingin meninggikan atau meningkat bangunan, hal utama yang harus dipikirkan adalah konstruksi. Apakah konstruksi bangunan lama kondisinya kuat atau sebelumnya sudah dibuat khusus untuk bangunan berlantai dua atau lebih.

Jika konstruksi tersebut memang sudah disiapkan untuk perencanaan tersebut, proses peninggian bangunan akan lebih mudah dilakukan. Pembongkaran hanya perlu dilakukan pada bagian atas atau atap dan beberapa lainnya namun tidak terlalu banyak. Sehingga dana yang dikeluarkan juga tidak terlalu banyak. Demikian pula waktu yang dibutuhkan jauh lebih cepat.

Beda dengan bangunan yang belum diberi konstruksi. Beberapa bagian dinding harus dibongkar lebih dulu untuk memasang konstruksi beton. Hal yang sama juga perlu dilakukan pada lantai sebab konstruksi tersebut harus dimasukan dalam tanah. Apalagi jika pondasinya dinilai kurang baik, maka sama saja kita harus membuat bangunan baru.

Jadi disarankan, apabila punya keinginan untuk meninggikan bangunan, hal ini sudak dibuat planning atau perencanaannya lebih dulu. Meski ketika pertama kali dibuat hanya terdiri dari dari satu lantai saja, namun sistem pondasi dan konstruksinya dibuat untuk dua lantai atau lebih. Dan lebih mantap lagi jika bagian atas juga sekalian dibuatkan dak atau cor betonnya.

Perlu diingat juga meski ketika dak atau cor beton dibuat, perencanaan posisi tangga juga harus dipikirkan sebelumnya. Sebab komponen ini punya fungsi yang sangat penting. Selain itu posisi ini juga punya pengaruh yang cukup besar terhadap tampilan atau konsep penataan ruang secara keseluruhan.

Salah satu kelebihan utama dari konsep peninggian dan peningkatan bangunan ini adalah tidak membutuhkan tambahan lahan lagi. Sehingga jika masih ada lahan yang tersisa bisa digunakan untuk keperluan lain. Misalnya untuk membuat taman, carport dan sebagainya. Selain itu khusus lantai bagian atas, fokus pandangan mata bisa lebih luas sehingga tidak mudah bosan.

Kemudian untuk bangunan yang dibesarkan dengan cara dibuatkan bangunan yang baru, sistem ini tidak membutuhkan konstruksi yang begitu kuat seperti bangunan bertingkat. Apabila ingin menambah tinggal disambungkan pada bangunan utama. Proses pembangunan ini tidak terlalu mengganggu. Meski bangunan baru atau sambungan dibuat bangunan lama tetap dapat dipakai seperti biasa.

Hal yang perlu diperhatikan jika memperluas bangunan dengan konsep ini yaitu desainnya harus diusahakan tetap menyatu pada bangunan lama atau bangunan utama. Disarankan saat bangunan pertama dibuat, sudah ada perencanaan yang matang. Misalnya bagian mana yang nantinya akan diperluas, sehingga konsep langsung dibuat secara keseluruhan. Jadi perluasan bangunan tersebut tidak perlu merubah bangunan yang sebelumnya sudah dibuat. Prosesnya tinggal melanjutkan saja.

Kelebihan dari perluasan bangunan dengan penambahan pada bagian samping atau belakang dan depan adalah, lebih praktis penggunaan dan fungsinya. Beberapa penghuni pasti ada yang kurang suka jika setiap hari harus selalu turun dan naik tangga. Karena hal ini dirasa kurang praktis jika dibandingkan dengan berjalan pada lahan yang datar.

Meski punya beberapa kelebihan, namun konsep perluasan bangunan dengan cara seperti ini juga punya kelemahan. Yang pertama adalah lahan terbuka yang ada jadi semakin kecil atau sempit. aapabila sebelumnya punya taman yang luas keberadaan taman tersebut akan berkurang. Padahal taman punya fungsi yang sangat penting untuk menunjang kesejukan dan kesegaran rumah.

Sumber gambar : http://sibcyclinenews.com
Artikel Lainnya :