Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Mengenal Ekpose Gaya Platonik Geometris

Mengenal Ekpose Gaya Platonik Geometris
Saat ini gaya arsitektur minimalis masih menjadi konsep desain yang paling populer dan tetap menjadi trend terutama untuk bangunan baru yang sedang dibuat. Bukan hanya pada rumah huni saja, konsep ini juga sering diterapkan pada bangunan yang berfungsi sebagai perkantoran, toko atau ruko dan sebagainya.

Faktor yang mempengaruhi keindahan dan tampilan gaya minimalis antara lain adalah pemilihan bahan atau material, sistem aplikasi warna serta yang paling utama yaitu bentuk desain itu rumah itu sendiri. Jika dikonsep secara baik dan benar, hal ini mampu memunculkan karakter minimalis yang lebih kuat.

Setelah melalui beberapa kali proses pengembangan, saat ini gaya minimalis tidak hanya dapat dibentuk kotak dengan tampilan yang sederhana saja. Ada sebuah gaya rumah minimalis yang dinamakan dengan gaya platonik geometris. Yaitu suatu konsep pembuatan rumah yang murni dan tetap sederhana.

Bagian yang diekpose atau ditonjolkan dari gaya ini yaitu bidang yang datar dan lurus serta halus namun adakalanya kasar. Meski kasar namun nilai keindahannya tidak berkurang bahkan terlihat lebih cantik dan sedap dipandang mata. Penonjolan gaya platonik geometris ini dimunculkan dari penggunaan material, teknik pencahayaan, bentuk yang diulang, sirkulasi dan sistem optimalisasi pada ruang serta yang lainnya.

Maka kebanyakan bangunan rumah yang menerapkan konsep ini selalu memakai bentuk-bentuk yang berupa garis lurus serta bidang datar terutama pada bagian fasad. Bentuk yang melengkung selalu dihindari bahkan ada yang tidak mengaplikasikannya sama sekali.

Menurut seorang ahli arsitektur Indonesia Nirwono Joga, gaya platonik geometris ini merupakan salah satu wujud dari refleksi atau cara pandang terhadap sistem kehidupan masyarakat terutama yang tinggal di daerah perkotaan dan urban. Mereka ingin menerapkan sistem yang lebih praktis, efisien dan sederhana namun tetap punya kualitas baik dilihat dari sisi keindahan desain maupun kekuatan bangunan itu sendiri. Selain itu gaya ini juga bertujuan untuk menciptakan kesan yang lebih anggun dan tenang serta teduh.

Bahan dan material yang bisa dipakai untuk mengaplikasikan konsep gaya platonik geometris ini sebenarnya tidak jauh beda dengan gaya arsitektur lainnnya. Contohnya batu bata dan kali, kayu, baja, kaca, beton ekspose dan sebagainya. Semua material ini masing-masing bisa menimbulkan nuansa yang tidak selalu sama.

Agar gaya platonik geometris bisa terlihat makin menonjol bagian dinding dan beberapa element lain terutama yang berada di luar ruang sebaiknya diberi sapuan warna yang sifatnya lebih terang dan cerah. Misalnya biru, kuning, jingga, merah dan lainnya. Kombinasi warna-warna seperti ini bisa membuat karakter bangunan nampak lebih kuat. Bukan itu saja, bangunan tersebut juga bisa menjadi point of view atau fokus pandangan utama pada lingkungan yang berada di sekitarnya.

Namun perlu diperhatikan, jika ingin membuat bangunan rumah minimalis dan menerapkan gaya platonik geometris harus lebih berhati-hati saat mengerjakannya. Apabila ada kekeliruan maka akibatnya adalah gaya dan tampilan yang muncul tidak akan selaras terhadap konsep sederhana yang merupakan tujuan utama dari pengaplikasian aristektur minimalis.

Banyak yang berpendapat jika gaya minimalis termasuk platonik geometris selalu membutuhkan dana yang irit juga. Sebenarnya anggapan ini ada benarnya tapi juga bisa dikatakan tidak 100% betul. Sebab harga material serta komponen lainnya termasuk dana untuk membayar tukang pasti selalu disesuaikan dengan kualitasnya. Namun yang pasti adalah, penggunaan material ini lebih menonjolkan fungsi daripada keindahannya saja.

Selain itu gaya platonik geometris juga sama dengan konsep arsitektur lainnya, akan mengalami perkembangan secara terus menerus sesuai dengan penemuan teknologi bagi, pola pikir manusia serta budaya yang juga akan ikut bergerak seiring dengan perubahan jaman yang terus terjadi.

Sumber gambar : http://cimut00.blogspot.com
Artikel Lainnya :