Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Mengatur Sistem Pencahayaan dan Interior Ruang Televisi

Mengatur Sistem Pencahayaan dan Interior Ruang Televisi
Hampir dipastikan, setiap ruang yang ada dalam rumah pasti membutuhkan teknik pencahayaan. Tapi sistem pencahayaan yang diperlukan tidak selalu sama antara ruang yang satu dengan ruang yang lain. Contohnya adalah ruang keluarga. Selain untuk berkumpul biasanya ruang ini sering dipakai untuk melihat televisi atau menonton film melalui dengan CD player atau perangkat lain yang sejenis.

Perlu diketahui, ketika dinyalakan pesawat televisi ini akan mengeluarkan cahaya di sekitarnya. Maka tidak mengherankan kemunculan cahaya ini bisa menyebabkan mata menjadi cepat lelah dan kadangkala bisa menimbulkan masalah kesehatan pada indra penglihatan tersebut. Masalah ini sering muncul dan salah satu sebabnya adalah konsep tata cahaya pada ruang tersebut kurang baik dan tidak memperhitungkan masalah ini.

Mengatur sistem pencahayaan dan interior pada ruang televisi atau keluarga memang harus menggunakan teknik tersendiri yang agak berbeda dengan ruang lain. Selama ini pada umumnya orang hanya berpikir meletakan televisi hanya melihat pada sisi keserasian dan posisinya yang dinilai sudah tepat. Jarang ada yang berpikir jika konsep tata cahaya pada ruang tersebut punya pengaruh yang sangat besar terhadap kenyamanan dan yang terpenting adalah kesehatan mata.

Pemakaian lampu pada ruang yang terlalu terang akan menimbulkan yaitu efek pantulan cahaya televisi menjadi terlalu silau. Namun sebaliknya jika kurang terang apalagi gelap juga tidak baik. Dua kondisi ini akan memunculkan akibat yang tidak baik, mata menjadi cepat lelah dan akibat lainnya adalah munculnya gangguan kesehatan seperti yang telah disebutkan di atas.

Menurut bintang home, ada tiga macam jenis konsep penataan cahaya pada ruang keluarga atau ruang lain yang digunakan untuk meletakan dan menonton televisi. Yang pertama adalah general lighting, yaitu sistem tata cahaya utama dalam ruang. Konsepnya adalah meletakan lampu pada beberapa tempat titik. Tujuannya adalah agar cahaya yang muncul bisa merata ke semua bagian ruang, tidak bertumpu pada satu tempat atau lokasi saja.

Yang kedua dinamakan task lighting yaitu satu sistem pencahayaan yang fungsinya adalah untuk menonjolkan obyek tertentu yang sifatnya lebih spesifik, misalnya lukisan atau hiasan di dinding dan sebagainya. Kemudian yang ketiga yaitu accent lighting adalah pencahayaan yang bertujuan untuk menciptakan kesan lebih dramatis pada ruang. Misalnya memakai lampu jenis track lamp atau wall lamp dengan arah sinar atau sorot yang berbeda-beda.

Lalu bagaimanakah cara agar sinar yang muncul dari pesawat televisi tidak menimbulkan efek yang merugikan terutama dari sisi kenyamanan dan kesehatan mata. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan. Pertama yaitu sistem pencahayaan yang terdiri dari tiga macam tersebut harus diatur intensitasnya agar tidak terlalu terang atau terlalu kecil nyalanya.

Lalu jangan meletakan atau memasang lampu pada tempat yang dapat menimbulkan pantulan terhadap layar televisi. Ada baiknya menggunakan dimmer sehingga intensitas cahaya yang akan dinyalakan bisa diatur sesuai kebutuhan, apakah televisi tersebut sedang ditonton atau dimatikan.

Jika ingin meletakan perabot atau furniture maupun hiasan ruang lain yang nantinya diletakan di sekitar pesawat televisi, pilihlah yang warnanya netral sehingga benda-benda tersebut tidak akan memantulkan cahaya ketika perangkat elektronik ini sedang dihidupkan.

Dan ketika media hiburan keluarga ini dinyalakan, lampu ruang juga harus tetap dalam kondisi yang menyala. Jangan sekali-kali mematikan lampu meski gambar yang muncul dari televisi itu tetap terlihat jelas. Meski tidak disadari hal ini membuat mata menjadi mudah terkena gangguan kesehatan.

Kemudian yang terakhir, saat menonton perhatikan dengan baik jarak antara tempat duduk dan pesawat televisi sekaligus posisinya. Jarak ini ditentukan oleh besar kecilnya ukuran televisi atau intensitas pantulan cahaya yang muncul. Saat ini ada jenis pesawat televisi yang dibuat dengan teknologi tertentu sehingga tidak memunculkan pantulan cahaya yang terlalu kuat sehingga bisa ditonton dari jarak yang dekat.

Sumber gambar : http://www.homehousedesign.com
Artikel Lainnya :