Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Kelebihan dan Teknik Memilih Furniture Multifungsi

Kelebihan dan Teknik Memilih Furniture Multifungsi
Pasti diantara kita pernah mengalami masalah seperti ini. Dana yang ada tidak mencukupi namun pada saat yang bersamaan butuh beberapa jenis furniture yang fungsinya berbeda-beda. Atau ada harus menghadapi masalah yang lain yaitu ruang yang dipakai untuk meletakan beberapa jenis furniture dengan fungsi yang berlainan itu ukuran luasnya terlalu kecil jadi tidak bisa digunakan untuk meletakan semua perabot dalam rumah tersebut.

Dua jenis permasalahan ini sebenarnya bisa diatasi dengan mudah. Yaitu memakai satu jenis atau dua jenis furniture saja tapi bersifat multi fungsi. Yang dimaksud dengan furniture multifungsi adalah bisa digunakan untuk berbagai tujuan atau penggunaan. Misalnya dipan tempat tidur yang bisa dirubah menjadi kursi atau meja yang bisa digunakan sekaligus untuk lemari atau rak dan sebagainya.

Jadi secara garis besar kelebihan dari furniture multi fungsi ini adalah untuk menghemat biaya pengeluaran sekaligus bisa menghemat tempat atau ruang. Meski pada umumnya furniture punya harga yang lebih mahal, namun secara matematika jika dihitung dengan cermat dana yang harus dikeluarkan untuk melengkapi kebutuhan tersebut jatuhnya tetap lebih irit jika dibanding dengan membeli furniture biasa yang tidak bersifat multifungsi.

Meski demikian, ada teknik tersendiri untuk memilih furniture multifungsi. Sebelum membeli sebaiknya dipikirkan lebih dulu apa yang menjadi kebutuhan utama kita. Misalnya perlu kursi dan meja sekaligus. Maka jenis furniture yang dipilih juga harus yang bisa menjalankan fungsi sebagai meja dan kursi.

Pembelian furniture seperti ini kadangkala memang agak merepotkan. Contohnya ketika sudah bisa menemukan meja, namun ternyata meja tersebut juga punya fungsi yang lain namun hanya dapat dipakai untuk dijadikan dipan tempat tidur. Sementara ketika menemukan kursi, selain bisa untuk tempat duduk kursi itu juga punya fungsi yang lain namun menjadi rak atau lemari kecil.

Atau setelah berhasil menemukan apa yang dikehendaki ternyata ukuran atau desainnya tidak cocok dengan gaya desain dan luas ruang yang tersedia. Jalan terbaik yang dapat ditempuh agar problem ini bisa terpecahkan adalah melakukan pemesanan. Jadi semua kebutuhan yang ingin dipenuhi bisa terakomodasi semua. Namun tentu saja waktu yang dibutuhkan jadi lebih lama.

Hal lain yang mesti dipikirkan adalah masalah bahan yang digunakan. Jika menggunakan bahan dari kayu dan dikombinasi dengan busa misalnya. Perabot furniture ini akan dipakai untuk kursi sekaligus tempat tidur.

Apabila digunakan untuk tempat tidur tentu tidak membutuhkan kasur atau spring bed sehingga pemakaiannya jadi lebih praktis. Namun jika dipakai untuk kursi meski sama-sama tidak butuh element yang lain tapi jika kursinya diletakan di ruang yang sering digunakan tentu lebih cepat kotor atau rusak. Hal seperti inilah yang harus diperhitungkan dengan matang agar penggunaan perabot tersebut tidak menimbulkan masalah yang merugikan.

Hal yang sama juga berlaku dalam pewarnaan. Mungkin saja ketika dipakai untuk tempat tidur warna pada furniture tersebut terlihat indah karena selaras dengan ruangnya. Namun saat berada di ruang yang lain, jika konsep penggunaan warna dinding dan element lainnya berbeda, tentu hal ini bisa membuat tampilan furniture multifungsi itu tidak tampak selaras lagi.

Jadi ruang yang mau digunakan untuk meletakan furniture multi fungsi ini harus disamakan atau diseragamkan lebih dahulu untuk menghindari kejadian-kejadian tersebut. Demikian pula dengan konsep desainnya juga tidak boleh dibeda-bedakan. Kecuali jika kita bisa menciptakan konsep desain furniture multifungsi yang sifatnya bisa diletakan di ruang yang desainnya tidak sama.

Selain itu, usahakan untuk memilih furniture multifungsi yang bisa dirubah kegunaannya dengan cepat dan praktis. Lebih bagus lagi jika akan melakukan perubahan fungsi tidak membutuhkan alat seperti obeng atau yang lainnya. Jadi hanya dirubah konsep penyusunan komponennya saja furniture itu sudah punya fungsi yang lain.

Sumber gambar : http://www.homedecordream.com

 

Artikel Lainnya :