Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor
Artikel dan Tips - Image Bali Arsitek & Kontraktor

Trend Desain Interior Tahun 2013

Trend Desain Interior Tahun 2013
Tahun 2012 sebentar lagi akan berakhir dan kita memasuki tahun 2013. Setiap pergantian tahun, selalu ada pergantian model atau trend di segala bidang termasuk gaya desain ruang dan interior. Banyak orang terutama yang berkecimung di dunia interior sudah membuat prediksi tentang apa saja yang akan menjadi trend atau hal-hal lain yang sekiranya akan mengalami perubahan pada selera maupun konsep yang disenangi oleh masyarakat.

Berikut ini ada beberapa prediksi trend desain interior 2013 yang diperkirakan akan mengalami perubahan. Misalnya desain vintage, yaitu suatu aliran desain yang memunculkan efek klasik. Namun pada tahun 2013 ini desain vintage yang akan disukai adalah yang menggunakan paduan warna-warna lembut seperti motif bunga mawar warna pink dan sebagainya.

Sedangkan gaya yang masih bertahan adalah model minimalis namun dikombinasi dengan pola lain berbentuk garis yang berulang-ulang atau penggunaan furniture yang bentuknya kotak dan memakai warna polos sederhana, tidak memunculkan kesan yang terlalu mencolok.

Bagi yang menyukai hiasan dan ornament yang memakai sistem bordir, rajutan, sulaman serta benda lain yang berupa kerajinan tangan kesenangannya ini bisa terlampiaskan karena konsep ini juga akan mengalami perkembangan yang cukup besar.

Kerajinan tangan itu tidak hanya dibuat dalam bentuk benda hiasan saja, tapi juga diaplikasikan pada benda lain misalnya kain untuk membuat lapisan penutup kursi, korden dan sebagainya. Bahkan saat ini beberapa jenis kerajinan tersebut sudah mulai banyak disukai orang karena bisa menimbulkan kesan yang lembut namun tetap hangat.

Selain rajut, sulam dan sejenisnya, konsep yang bernuansa tradisional atau etnik juga jadi salah satu trend yang penggemarnya akan bertambah banyak pada tahun mendatang. Yang dimaksud dengan etnik di sini bukan hanya yang dari Indonesia atau lokal saja tapi juga yang berasal dari negara lain. Misalnya motif tribal yang asalnya dari Afrika dan sebagainya.

Khusus untuk dalam negeri yang nomor satu tentu saja batik yang saat ini tidak diaplikasi dalam bentuk pakaian saja namun juga merambah pada kain penutup bantal, wallpaper, penutup sofa, karpet dan sebagainya. Meski dibuat dengan menggunakan teknologi modern, namun motif ini sering dijadikan pemanis dan ornament untuk memunculkan karakter etnik yang kuat. Demikian pula degan beberapa jenis furniture terutama yang menggunakan bahan dari kayu.

Konsep lain yang juga akan jadi trend yaitu tema down to earth, yaitu suatu tema yang bernuansa lingkungan hidup. Tema seperti ini akan lebih mudah dijumpai pada tahun depan. Hal ini punya hubungan yang sangat erat dengan kesadaran masyarkat yang mulai peduli terhadap isu tentang kelesatarian lingkungan. Desain ruang yang menggunakan tema ini akan penuh dengan hal-hal yang berhubungan dengan masalah ini misalnya penggunaan tanaman di dalam ruang atau unsur lain yang bersifat alami.

Bukan itu saja, warna-warna yang berkaitan dengan alam juga banyak disukai orang. Misalnya merah bata, hijau lumut dan sebagainya. Benda-benda yang dijadikan sebagai hiasan juga sering jadi salah satu element untuk memunculkan karakter down to eart tersebut. Seperti penggunaan pot dari tanah liat untuk meletakan tananam hisa, menghindari bahan yang punya sifat merusak lingkungan seperti plastik dan seterusnya.

Trend lain yang akan ikut berkembang sekaligus punya kaitan sangat erat dengan konsep down to earth adalah pemakaian bahan daur ulang. Terutama sekali pada benda hiasan atau perabot dan furniture. Konsep daur ulang ini jadi salah satu trend yang jumlah penggemarnya cukup banyak. Mereka tertarik mencari pernak-pernik hiasan interior yang dibuat dari bahan bekas tapi punya nilai seni dan daya tarik yang cukuk tinggi.

Sumber gambar : http://www.lushome.com

 

Artikel Lainnya :